Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
ReligiNasional

Kementerian Agama Gelar Kemah Moderasi Lintas Agama

166
×

Kementerian Agama Gelar Kemah Moderasi Lintas Agama

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Kemah Moderasi Beragama
Pembukaan Kemah Moderasi Beragama

Kementerian Agama Gelar Kemah Moderasi Lintas Agama ~ Headline.co.id (Bogor). Kementerian Agama menggelar Kemah Moderasi, di Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang diinisiasi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam ini berlangsung mulai 28 November sampai 1 Desember 2021 dan dihadiri puluhan peserta lintas agama.

Baca juga: Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

“Kemah Moderasi ini bukti nyata umat beragama hadir tanpa melihat baju masing-masing. Kita tampil moderat dalam beragama, untuk saling mengasihi, menjaga, memberi, dan saling tersenyum di antara kita,” ungkap Direktur Penerangan Agama Islam Syamsul Bahri saat membuka acara di Bogor, Senin (29/11/21) malam.

Syamsul, yang hadir mewakili Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, menuturkan berbagai perbedaan yang ada di Indonesia merupakan keniscayaan. Namun hal tersebut semestinya tidak perlu menghalangi umat beragama untuk berkolaborasi dan bekerjasama demi kemaslahatan bersama.

Baca juga: Cari Klinik Kecantikan di Jogja, ini Rekomendasi Terbaik Harga Bersahabat

“Indonesia indah karena kebhinnekaan. Jangan fokus pada perbedaan, tapi carilah persamaan agar kita bisa saling bekerja sama sebab yang dilihat oleh Tuhan adalah sebaik apa amal kita,” tegas Syamsul.

Kemah Moderasi yang mengangkat tema “Mengusung Moderasi Mencipta Harmoni” ini diikuti peserta dengan berbagai latar belakang. Mulai dari penyuluh, mahasiswa, hingga perwakilan ormas lintas agama.

“Kemah Moderasi membuktikan bahwa berbeda agama bukan bermakna permusuhan. Kita hadir dalam satu senyum,” imbuhnya.

Baca juga: Polres Kep Seribu Wajibkan 176 Penumpang Kapal Ke Pulau Scan Barcode Peduli Lindungi

Dalam pembukaan Kemah Moderasi ini, ditampilkan penampilan selawat dari Grup Selawat Direktorat Penerangan Agama Islam dan penampilan lagu Kristen oleh umat kristiani.

Kemah Moderasi ini juga menampilkan produk unggulan hasil inovasi bimbingan dan penyuluhan para Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional Tahun 2021.

Puncak Kemah Moderasi ini rencananya akan dilakukan Penanaman Pohon Harapan dan Simbol Batu Prasasti Moderasi.

Baca juga: MTsN 1 Alor Sabet Juara III Syarhil Quran Tiga Bahasa tingkat Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *