by

KA Bandara NYIA Beroperasi 2022

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – Presiden Joko Widodo telah menertbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN).

Dalam Perpres Nomor 56 tahun 2018 yang ditanda tangani 20 Juli 2018 sedikitnya ada 227 proyek masuk ke dalam daftar PSN terbaru ini. Diantaranya ada sektor perkeretaapian.

Salah satu yang menjadi prioritas dari PSN tersebut ialah pembangunan jalur Kereta Api Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Untuk mempermudah akses masyarakat Kementerian Perhubungan dan PT KAI (Persero) sudah mempersiapkan dua jalur kereta menuju bandara tersebut.

Jalur pertama dari Stasiun Maguwo berhenti Stasiun Tugu dan langsung ke Stasiun Wojo dan jalur kedua untuk KA khusus dengan jalur yang telah disiapkan permanen yakni dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Tugu dan sampai Stasiun Kedundang.

Sebelumnya Direktur Utama PT KAI (Persero), Edi Sukmoro juga menyatakan kepada awak media pihaknya sedang menyelesaikan pembangunan jalur kereta api dari stasiun Kedundang menuju bandara baru NYIA.

Kereta Bandara sendiri nantinya akan segera beroperasi pada tahun 2022 sesuai dengan perencanaan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Harapannya Kereta Bandara NYIA ini mampu menjawab kemacetan kota Yogyakarta yang semakin hari semakin pada serta menekan angka kecelakaan dijalan raya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed