Inilah Tips Panduan Memilih Posisi Kursi Aman dari Kecelakaan saat Naik Bus

  • Whatsapp
Posisi Duduk Aman sat naik Bus
Ilustrasi posisi aman dari kecelakaan di bus

Headline.co.id (Jakarta) ~ Berpergian menggunakan kendaraan umum memang sangat nyaman, selain tidak perlu memikirkan rute dan resiko-resiko lainya. Dari berbagai kendaraan umum yang ada di Indonesia, Bus lah kendaraan yang paling banyak bahkan mulai dari kota hingga desa-desa pun mengenal moda transportasi darat satu ini.

Selain trayek bus banyak, tarif dari moda transportasi ini cukup bersahabat dibandingkan dengan kereta api dan pesawat, selain itu kita sebagai penggunanya juga sangat mudah untuk turun dimana saja. Namun saat naik bus juga ada resiko kecelakaan, namun berdasarkan berbagai sumber yang kami lansir ada beberapa tempat duduk yang dirasa aman dari kecelakaan.

Bacaan Lainnya

Transportation Safety Board Kanada, Amerika, Australia, dan Jepang, ternyata posisi duduk paling aman ada di sisi kiri bus, lebih tepatnya berada pada bagian tengaj bus, tidak terlalu depan maupun terlalu belakang.

Kenapa pada posisi tersebut aman, karena jika terjadi tabrakan maka benturan terkeras otomatis akan diterima bagian bus yang terdepan. Selain itu posisi belakang juga bisa dibilang berbahaya karena jika terjadi momen rem mendadak dikhawatirkan posisi belakang dapat ditabrak kendaraan lain dari belakang, selain itu biasanya mesin bis tertetak pada bagian belakang sehingga juga rawan terbakar.

Nah, berdasarkan analisa itu maka posisi sebelah kiri tengah adalah yang paling aman.

Karena getaran akibat tabrakan dari depan maupun belakang, akan merambat semakin lemah seiring jauhnya jarak dari pusat tabrakan.

Namun meski demikian, disarankan untuk berdoa sebelum berkendara agar aman dan selalu dalam perlindungan tuhan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *