Jawa Timur Terima Bantuan Alat Tes Covid-19 Dari Kementerian Kesehatan, Apa saja?

  • Whatsapp
Menteri Kesehatan secara Simbolis memberikan Bantuan kepada Gubernur Jawa Timur
Menteri Kesehatan secara Simbolis memberikan Bantuan kepada Gubernur Jawa Timur

Headline.co.id (Jawa Timur) ~ Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo mengirimkan bantuan alat tes Covid-19 kepada Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Selasa (2/6).

baca juga: Resmi! Kementerian Agama Putuskan Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia 2020 Batal

Bantuan tersebut diberikan beriringan dengan diresmikannya rumah sakit lapangan yang dikhususkan untuk menangani pasien positif Covid-19. Pasalnya Jawa Timur jadi salah satu provinsi dengan penambahan kasus positif Covid-19 tertinggi.

Terawan menyampaikan bahwa pihaknya membawa perlengkapan yang bisa diberikan saat ini sambil melakukan peninjauan apa yang bisa dilakukan di kemudian hari. Ia berharap masalah di Jatim bisa segera teratasi, jadi semakin baik, terkhusus angka kematian bisa segera turun, dan perlengkapan tracing kita datangkan sehingga lebih aktif mengecek menemukan kasus sehingga penularannya bisa dicegah.

baca juga: Herman HN: Proses Belajar Mengajar Sekolah di Lampung di Perkirakan Akhir Juli

Terawan menambahkan bahwa kunjungan ini kemungkinan akan terus berlanjut bersama gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.
Bantuan tersebut berupa APD 10.000 pcs, PCR Kit 30.000 test, RNA Kit 31.000 test, Viral Transport Media (VTM) Kit 50.000 test, dan ventilator 10 unit, dan 21 packs plasma convalescent.

Doni Monardo mengatakan pemberian bantuan ini dikarenakan ada peningkatan jumlah kasus positif dan meningkatkan kemampuan testing Covid-19 untuk memutus rantai penularan.

“Data bantuan yang sudah dikirim ke Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jatim, PCR, RNA, dan TCM sebanyak 120.380,” kata Doni.

baca juga: Resmi! Kementerian Agama Putuskan Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia 2020 Batal

Hari ini, lanjut Doni, ditambah lagi bantuan dari pak menteri. Rapid test yang sudah tersalurkan sebanyak 70.500, APD 610.114 pcs, kemudian dalam proses ada 2 unit container stationary yang nanti akan diberikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, 2 unit mobile lab BSL 2 yang sudah dioperasikan di Kota Surabaya, 1 unit mobil, dan 1 unit robot ultraviolet bantuan dari Kepala Staf Kepresidenan dengan Yayasan Telkom yang sebagian besarnya menggunakan komponen lokal.

“Kondisi yang ada kita harapkan bisa kita kendalikan. Wabah ini belum tentu berakhir obatnya pun belum kami temukan,” katanya.

baca juga: Tante Meninggal karena Covid-19, Maia Estianty Sampaikan Pesan untuk Masyarakat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *