Amerika Serikat Umumkan Putuskan Hubungan dengan WHO

  • Whatsapp
Presiden USA, Donald Trump. (Foto:Trouw)
Presiden USA, Donald Trump. (Foto:Trouw)

HeadLine.co.id (Jakarta) – Donald Trump, Presiden Amerika Serikat mengumumkan bahwa pihak Amerika Serikat akan memutuskan hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal itu diumumkannya pada Jumat (29/5/2020).

Baca juga: Berbeda dari Sebelumnya, Begini Sistem Kerja ASN Saat New Normal

Bacaan Lainnya

Dikutip dari CNN International, Trump mengatakan WHO telah gagal untuk melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan.

“Kami hari ini akan mengakhiri hubungan dengan WHO dan mengarahkan dana ke hal lainnya dan kebutuhan kesehatan global yang mendesak,” ucap Trump yang dikutip dari CNN International.

Dalam pidato yang dilakukan di Gedung Putih, Trump mengecam China serta mengklaim bahwa otoritas China memiliki kendali penuh atas WHO. Ia juga menyebut bahwa China belum melaporkan informasi yang sebenarnya tentang virus Corona ke WHO.

Baca juga: Bongkar JPO di Tol Cikampek KM 10+550, Jasa Marga Lakukan Rekayasa Buka Tutup Lajur

“Pejabat China mengabaikan kewajiban pelaporan mereka kepada WHO dan menekan WHO untuk menyesatkan dunia ketika virus Corona pertama kali ditemukan oleh otoritas China,” ungkapnya.

Keputusan Trump untuk secara permanen memutuskan hubungan AS dengan WHO disebut sejalan dengan adanya ketidakpercayaan Presiden terhadap WHO dan mengklaim bahwa AS sedang dimanfaatkan.

Baca juga: Menag Menegaskan Panduan Rumah Ibadah Bukan Berbasis Zona

Amerika Serikat merupakan salah satu negara penyumbang dana terbesar bagi WHO dan membayar sekitar $450 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun dalam bentuk iuran keanggotaan dan sumbangan sukarela untuk program-program tertentu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *