by

Bantu Penuhi Kebutuhan Darah, Daop 6 Yogyakarta Mengadakan Donor Darah

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Donor Darah pada Jumat (1/2). Bertempat di Klinik Mediska, kegiatan ini dihadiri oleh Sugiyono selaku Deputy Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta serta jajaran Manager lainnya yang turut menjadi peserta kegiatan.

Christoffel Maranto selaku Manager Kesehatan Daop 6 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan darah di unit pelayanan darah RS tersebut. “RSUP Dr Sardjito membutuhkan darah kurang lebih 4.000 kantong setiap bulannya dan saat ini baru tersedia sekitar 3.500 kantong,” ucapnya.

Senada dengan Manager Kesehatan, Dr Ika Yulia selaku Dokter Fungsional 3 menjelaskan bahwa kegiatan ini berawal dari surat yang dikirimkan oleh RS Sardjito untuk membantu memenuhi kebutuhan darah. “Setelah mendapat surat itu, kemudian kami diskusikan dengan Manager serta Asisten Manager dan mereka setuju sehingga acara ini dapat terselenggara pagi ini,” ujarnya.

Salah satu pegawai PT KAI (Persero) Daop 6 Yogayakarta sedang mengikuti kegiatan donor darah. (Foto: Tomo Su)

Kegiatan ini terbuka untuk umum sehingga masyarakat bisa turut berpartisipasi dengan syarat mendaftar terlebih dahulu supaya dapat diketahui berapa jumlah kantong darah yang didapat. Tercacat sekitar 70 pendonor yang telah mendaftar baik dari Pegawai PT KAI (Persero) maupun masyarakat umum. Jumlah tersebut kemungkinan akan terus bertambah, mengingat kegiatan ini berlangsung hingga pukul 11.00 WIB.

Selain dapat membantu orang lain, kegiatan donor darah juga baik untuk kesehatan pendonor. Salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan resiko terkena penyakit Jantung. Donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi dalam tubuh dimana zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed