Mobil Combat Bantuan BNPB Akhirnya Gelar Swab Covid-19 di Surabaya

  • Whatsapp
Mobil bantuan dari BNPB saat melakukan swab di GOR Pancasila Surabaya
Mobil bantuan dari BNPB saat melakukan swab di GOR Pancasila Surabaya

Headline.co.id (Surabaya) ~ Mobil Combat Covid-19 atau mobil mesin laboratorium PCR (polymerase chain reaction) bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akhirnya dioperasikan di Surabaya, pada Sabtu (30/5/2020).

Mobil  bersama dengan petugas tersebut melayani test swab ratusan warga di GOR Pancasila pada pukul 10.00 WIB. Warga tersebut terdiri dari pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), orang tanpa gejala (OTG) serta orang dalam resiko (ODR).

baca juga: Heboh Bantuan Swab COVID-19, Diduga Surat Wali Kota Surabaya Salah Tulis

Berdasarkan pantauan dilokasi terlihat petugas menggunakan baju Hazmat APD mengatur para warga yang datang. Dengan protokol physical distancing, mereka dipanggil satu per satu warga menuju mobil PCR untuk dites swab.

Sebelumnya, test tersebut akan dilakukan pada hari Jumat (29/5), namun karena Mobil Combat Covid-19 dialihkan ke daerah lain, tes itu tertunda. Pengalihan jadwal mobil PCR ke Tulungagung dan Lamongan itu sempat membuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini marah dan kecewa.

baca juga: New Normal, Menag Terbitkan Surat Edaran Aturan Pembukaan Kembali Rumah Ibadah, Cek Selengkapnya Disini

Irvan Widyanto selaku Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya menyampaikan bahwa rencananya warga yang dites oleh tenaga kesehatan melalui mobil PCR itu 250 orang.

Namun, masih running 150 orang karena tadi sempat ada pemadaman listrik. Sementara untuk hasilnya ia belum bisa memastikan. “”Hasil biasanya dalam 24 jam,” ungkapnya.

baca juga: Update Kasus Covid-19 30 Mei: Hari ini ada10 Provinsi Nihil Penambahan Kasus Corona

Selain dilokasi tersebut rencananya, pada hari Minggu di di Terminal Keputih, depan makam Ngagel, Gresik PPI dan Terminal Manukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *