by

Mulai Besok, Tiket Prameks Dapat Dipesan Secara Online

-Berita-721 views

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – Tiket Kereta Api Prameks jurusan Yogya-Solo-Kutoarjo kini dapat dipesan secara online. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan bahwa pemesan tiket Prameks secara online berlaku mulai tanggal 1 Februari besok. Ia menjelaskan bahwa hal ini dilatar belakangi oleh saran dan masukan yang mereka terima dari para pengguna setia Prameks.

“Mulai Besok kami sudah bisa melayani tiket Prameks secara online seperti kereta api jarak jauh. Pemesanan bisa dilakukan 1 minggu atau 7 hari sebelum keberangkatan,” ucapnya.

Eko juga menjelaskan bahwa melalui pemesanan tiket secara online tersebut, penumpang mendapatkan pembatasan kuota pemesanan yakni satu orang untuk satu tiket. Namun bila para penumpang datang langsung ke stasiun maka satu orang dapat memesan hingga empat tiket.

Ia mengatakan bahwa dalam sehari penumpang Prameks mencapai angka kurang lebih 10.794 penumpang. Namun pada kenyataannya tidak semua penumpang dapat menggunakan Prameks setiap harinya.

“Banyak yang protes ke kami terkait hal ini, namun yang perlu dipahami Prameks adalah kereta api PSO (Public Service Obligation) di mana harga dan kapasitasnya diatur oleh pemerintah,” ujarnya.

Pihak PT KAI (Persero) tidak bisa mendata berapa jumlah orang yang tidak tertampung dalam Pramkes, Hal itu dikarenakan mereka belum membeli tiket sehingga tidak ada data yang masuk.

“Kapasitas Prameks terbatas, ada empat kereta yang siap beroperasi namun kapasitasnya beda-beda. Ada yang muat 384 penumpang, ada juga yang 462 penumpang hingga 800-an penumpang,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed