Headline.co.id
  • Home
  • Berita
    • Peristiwa
    • Nasional
  • Ekonomi
  • Kesehatan
  • Pemerintah
  • Religi
    • Doa
    • Sholat
    • Sholawat
  • Teknologi
    • Aplikasi
    • Kamera
    • Laptop
    • PC Desktop
    • Smartphone
  • Wisata & Kuliner
    • Hotel
    • Resep Makanan
    • Wisata Alam
    • Wisata Buatan
    • Wisata Budaya
    • Wisata Kuliner
  • Lainnya
    • Humaniora
    • Hukum
    • Gosip
    • Pendidikan
    • Hiburan
    • Olahraga
    • Transportasi
    • Viral
    • Suara Pembaca
    • Politik
    • Otomatif
    • Inspiration
    • Home Design
    • Lifestyle
No Result
View All Result
Get Started
Headline.co.id
  • Home
  • Berita
    • Peristiwa
    • Nasional
  • Ekonomi
  • Kesehatan
  • Pemerintah
  • Religi
    • Doa
    • Sholat
    • Sholawat
  • Teknologi
    • Aplikasi
    • Kamera
    • Laptop
    • PC Desktop
    • Smartphone
  • Wisata & Kuliner
    • Hotel
    • Resep Makanan
    • Wisata Alam
    • Wisata Buatan
    • Wisata Budaya
    • Wisata Kuliner
  • Lainnya
    • Humaniora
    • Hukum
    • Gosip
    • Pendidikan
    • Hiburan
    • Olahraga
    • Transportasi
    • Viral
    • Suara Pembaca
    • Politik
    • Otomatif
    • Inspiration
    • Home Design
    • Lifestyle
No Result
View All Result
Headline.co.id
No Result
View All Result
Home Teknologi

4 Tips Mengelola Customer Untuk Pengguna WhatsApp Business

Hendrawan by Hendrawan
1 year ago
in Teknologi
393 29
0
Logo Whatsapp

Logo Whatsapp (ist)

Share on FacebookShare on Twitter

4 Tips Mengelola Customer Untuk Pengguna WhatsApp Business ~ Headline.co.id (Info Teknologi). Sudah bukan zamannya menelepon call center untuk mendapatkan informasi dan solusi. Kebanyakan orang di Indonesia sekarang lebih suka menghubungi layanan pelanggan secara online, terutama melalui WhatsApp, meskipun hanya berbincang dengan chatbot sekalipun.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam SEO: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerja

You might also like

Menkomdigi Meutya Hafid menyampaikan orasi ilmiah dalam Wisuda ke-99 Universitas Pendidikan Nasional bertajuk

Menkomdigi Ajak Generasi Muda Kuasai Teknologi Berlandas Etika dan Empati

4 November 2025
Wamenkomdigi Nezar Patria ngobrol bareng komunitas TIK Bali di Istana Taman Jepun, Denpasar, Bali, Jumat (31/10/2025). (Foto: Pey HS/Komdigi)

Kemkomdigi Ubah Arah Transformasi Digital: Fokus pada Pembangunan Manusia dan Literasi Teknologi Mendalam

4 November 2025

Sebagai pelaku bisnis, tentunya memastikan bahwa pelanggan dapat menghubungi bisnis Anda dari berbagai kanal informasi merupakan prioritas. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa  menggunakan WhatsApp Business untuk mengelola pelanggan bukanlah tantangan yang mudah. 

Beberapa tips di bawah ini diperuntukan untuk Anda yang kewalahan dalam menangani berbagai permintaan pelanggan via WhatsApp. Berikut beberapa solusi yang bisa Anda langsung implementasikan:

1. Gunakan Label untuk Mengorganisasikan Chat

Sedang musim sibuk dan terlalu banyak pesan masuk? Pastikan Anda sudah memanfaatkan penuh fitur-fitur bawaan dari WhatsApp Business, termasuk Label. Label adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengorganisir dan mengelompokkan percakapan atau pesan dengan pelanggan berdasarkan kategori tertentu. Anda dapat mengelompokkan pesan berdasarkan status atau kategori, seperti “Pelanggan Baru”, “Pembayaran”, “Order Selesai”, atau “Perlu Tindakan Lanjut”.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Bekas Samsung Galaxy S21 Ultra 5G 128 GB

Untuk membuat label, buka tab “Chats”, lalu ketuk opsi lebih banyak (titik tiga) dan pilih Labels. Ketuk “Tambah”, masukkan nama label, kemudian ketuk OK. Perlu dicatat bahwa batas maksimal jumlah label yang Anda dapat membuat adalah 20 label. 

Untuk menerapkan label pada chat, ketuk dan tahan chat yang ingin diberi label, lalu pilih label yang diinginkan dan ketuk “Simpan”. Untuk menerapkan label pada pesan, ketuk dan tahan pesan tersebut, pilih opsi lebih banyak, lalu label pesan. Pilih label yang diinginkan dan ketuk “Simpan”.

2. Manfaatkan Pesan Otomatis

Sudahkan Anda mengaktifkan fitur pesan otomatis bawaan dari WhatsApp Business? Meskipun fitur ini mungkin sederhana dibandingkan dengan solusi chatbot yang lebih canggih, memanfaatkan pesan otomatis dapat memberikan banyak manfaat bagi pengelolaan bisnis Anda.

Baca juga: Ini Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S24 FE Yang Akan Dirilis Dalam Waktu Dekat

Pesan otomatis WhatsApp memungkinkan Anda untuk merespons pelanggan secara instan dan efisien, bahkan ketika Anda tidak dapat membalas pesan secara langsung. Fitur ini dapat diatur untuk mengirim pesan sambutan kepada pelanggan baru dan memberitahu mereka tentang jam operasional atau informasi penting lainnya.

Untuk mengatur pesan sambutan di WhatsApp Business, buka aplikasi dan ketuk opsi lebih banyak. Pilih “Alat Bisnis” dan kemudian “Pesan Sambutan”. Aktifkan opsi “Kirim pesan sambutan” dan ketuk “Pesan Sambutan” untuk mengedit pesan sambutan Anda, lalu ketuk OK. 

Selanjutnya, pilih “Penerima” dan pilih salah satu dari opsi berikut: “Semua” untuk mengirim kepada semua yang mengirim pesan kepada Anda, “Semua yang tidak ada di buku alamat” untuk pelanggan yang belum ada di buku alamat Anda, “Semua kecuali…” untuk semua kecuali yang Anda pilih, atau “Hanya kirim ke…” untuk hanya pelanggan yang Anda pilih. Terakhir, ketuk “Simpan”. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Membeli Freezer?

3. Gunakan Status untuk Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Fitur status di WhatsApp Business dan WhatsApp personal kurang lebih sama; yang berbeda adalah bagaimana Anda bisa memanfaatkannya. Fitur status di WhatsApp Business dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan pelanggan secara langsung. Jika diimplementasikan secara efektif, Anda dapat secara teratur menginformasikan pelanggan tentang berbagai hal terkait layanan Anda. 

Pertama, Anda dapat menggunakan status untuk mempromosikan produk baru atau layanan tambahan yang Anda tawarkan. Dengan mengunggah gambar atau video menarik, Anda bisa menarik perhatian pelanggan dan menggugah minat mereka untuk mengeksplorasi lebih lanjut. 

Baca juga: Review: Polytron Partymax Speaker Bluetooth Portable Wireless PPS 4PH12

Kedua, Anda bisa memanfaatkan fitur status untuk memberitahu pelanggan tentang perubahan penting dalam bisnis Anda. Hal ini termasuk pengaturan baru dalam jam operasional, penyesuaian kebijakan layanan, atau informasi tentang lokasi baru yang dibuka. 

4. Gunakan Template Pesan untuk Pertanyaan Umum

WhatsApp Business API menawarkan beberapa fitur ekstra yang bisa digunakan oleh para pengguna WhatsApp Business, termasuk salah satunya adalah pesan template. Berbeda dengan pesan WhatsApp pada biasanya, pesan template adalah satu-satunya jenis pesan yang dapat dikirim ke pelanggan yang belum mengirim pesan kepada Anda atau yang tidak mengirim pesan dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Cara Mudah dan Praktis Buka Blokir BRImo cukup dari Ponsel Tanpa ke Bank

Pesan template tidak bisa semerta-merta langsung digunakan setelah dibuat; Anda harus mengirimnya terlebih dahulu ke pihak WhatsApp untuk disetujui. Cara paling umum adalah dengan mengajukan pesan template via WhatsApp Business API. Namun, jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan WhatsApp Business API, tak perlu khawatir, Anda juga bisa mengajukannya secara manual melalui WhatsApp Manager.

Setelah pembuatan, template dapat diajukan untuk persetujuan, yang bisa memakan waktu hingga 24 jam untuk diproses. Setelah diputuskan, pemberitahuan akan muncul di WhatsApp Manager dan email akan dikirimkan kepada Anda.

Terimakasih telah membaca 4 Tips Mengelola Customer Untuk Pengguna WhatsApp Business semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline. 

Baca juga: Transformasi Transaksi Keuangan: Memahami Perbedaan E-Money dan E-Wallet

Tags: Mengelola WhatsApp Business
Hendrawan

Hendrawan

Related Stories

Menkomdigi Meutya Hafid menyampaikan orasi ilmiah dalam Wisuda ke-99 Universitas Pendidikan Nasional bertajuk

Menkomdigi Ajak Generasi Muda Kuasai Teknologi Berlandas Etika dan Empati

by Hendrawan
4 November 2025
0

Headline.co.id (Bali) — Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid mengajak generasi muda Indonesia untuk tidak hanya cakap dalam memanfaatkan...

Wamenkomdigi Nezar Patria ngobrol bareng komunitas TIK Bali di Istana Taman Jepun, Denpasar, Bali, Jumat (31/10/2025). (Foto: Pey HS/Komdigi)

Kemkomdigi Ubah Arah Transformasi Digital: Fokus pada Pembangunan Manusia dan Literasi Teknologi Mendalam

by Hendrawan
4 November 2025
0

Headline.co.id (Denpasar) — Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) menegaskan arah baru transformasi digital nasional dengan menempatkan pembangunan manusia sebagai prioritas...

Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid secara resmi meluncurkan microsite TunasDigital.id dalam acara Launching Microsite TunasDigital.id dan Curhat Bareng Bu Menteri di Blok M Hub, Jakarta, Sabtu (1/11/2025). Platform ini menjadi ruang belajar dan berbagi antarorang tua dan pendidik dalam menghadapi tantangan literasi digital anak di era media sosial.(Foto InfoPublik/Amir Yandi)

Menkomdigi Meutya Hafid Luncurkan Tunasdigital.id: Gerakan Ibu-Ibu Indonesia Lindungi Anak dari Bahaya Dunia Maya

by Hendrawan
3 November 2025
0

Headline.co.id (Jakarta) — Suasana hangat dan penuh empati mewarnai acara “Kumpul Bunda FYP bersama Komdigi” di Blok M Hub, Jakarta,...

Acara Sinergi dan Inovasi untuk Akselerasi Transformasi Ekonomi dan Digital Keuangan Indonesia. FEKDI dan IFSE 2025. (Foto: Dok. BI)

Transformasi Digital Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Indonesia

by Hendrawan
3 November 2025
0

Headline.co.id (Jakarta) — Pemerintah menegaskan transformasi digital bukan sekadar kemajuan teknologi, tetapi instrumen utama dalam membangun ekonomi nasional yang inklusif...

Dirjen KPM Kemkomdifi Fifi Aleyda Yahya Mewakili Menkomdigi Meutya Hafid menerima penghargaan CNN Indonesia Awards 2025 di Jakarta, Jumat malam (31/10/2025). (Foto: Amiri Yandi/KPM Kemkomdigi)

Menkomdigi Meutya Hafid Raih Penghargaan Excellence in Digital Governance di CNN Indonesia Awards 2025

by Hendrawan
1 November 2025
0

Headline.co.id (Jakarta) — Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Republik Indonesia, Meutya Hafid, meraih penghargaan Excellence in Digital Governance & Strategic...

Dirjen Pengawasan Ruang DIgital Kemkomdigi Alexander Sabar (Foto: Kemkomdigi)

Kemkomdigi Tegaskan Publikasi Foto Wajah Tanpa Izin Langgar UU PDP: Fotografer Diingatkan Hormati Privasi Individu

by Hendrawan
30 October 2025
0

Headline.co.id (Jakarta) — Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) menegaskan bahwa penyebaran foto yang menampilkan wajah seseorang tanpa izin, termasuk di...

Headline Media Headline Media Headline Media

Recommended

Petugas Gabungan sedang melakukan Pencarian Orang Hanyut di Sungai Progo

Niat Menjaring Ikan, Pemuda Sedayu Terseret Arus Sungai Progo

26 April 2025
Pencatutan Identitas: Kewaspadaan Publik dan Tindakan Tegas Bawaslu DKI

Pencatutan NIK Merajalela: 70 Laporan Masuk ke Bawaslu DKI

18 August 2024
bantuan helikopter water bombing jenis Sikorsky dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Tangulangi Kebakaran Hutan Pemprov Riau Dapat Bantuan Helikopter Water Bombing Dari BNPB

10 May 2023
Pemprov Riau dan MUI Bersinergi Cetak Ulama Desa Berintegritas

Pemprov Riau dan MUI Bersinergi Cetak Ulama Desa Berintegritas

14 November 2025
Jadwal Pelayanan SIM Keliling Jogja Hari ini

Jadwal SIM Keliling Polres Kulon Progo Bulan November 2023

1 November 2023

Percepat Penanganan Covid-19, Mendagri Tito Imbau Kepala Daerah Untuk Peka Terhadap Lingkungan

3 August 2021
Kolaborasi Strategis: Bank Sumsel Babel Bergandengan Tangan dengan Perbankan Syariah

Kolaborasi Strategis: Bank Sumsel Babel Gaet Perbankan Syariah

13 September 2024

Artikel Terbaru

Dukcapil Donggala Adakan Diskusi untuk Tingkatkan Layanan Adminduk

Dukcapil Donggala Adakan Diskusi untuk Tingkatkan Layanan Adminduk

26 November 2025
Bupati Aceh Jaya Bahas Rancangan Qanun Perizinan dan APBK 2026

Bupati Aceh Jaya Bahas Rancangan Qanun Perizinan dan APBK 2026

26 November 2025
PENA JAYA 2025: Upaya Mendorong Inovasi di Aceh Jaya

PENA JAYA 2025: Upaya Mendorong Inovasi di Aceh Jaya

26 November 2025
Kesbangpol Tuban Adakan Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan

Kesbangpol Tuban Adakan Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan

26 November 2025

Pemkab Maluku Tenggara Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Peran Guru

26 November 2025
Bupati Maluku Tenggara Resmikan RSUD Elat untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan

Bupati Maluku Tenggara Resmikan RSUD Elat untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan

26 November 2025
Pembangunan Bendungan Bulango Ulu Hampir Rampung

Pembangunan Bendungan Bulango Ulu Hampir Rampung

26 November 2025

Popular Story

  • allahumma sholli ala muhammad ya robbi sholli alaihi wasallim arab

    Lirik Sholawat Ya Robbi Sholli Ala Muhammad Lengkap Arab dan Artinya

    627 shares
    Share 251 Tweet 157
  • Pemkab Nagan Raya Tanggapi Keluhan Petani Terkait Irigasi Jeuram

    612 shares
    Share 245 Tweet 153
  • Lirik Teks Bacaan Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Lengkap Arab Latin dan Artinya 

    611 shares
    Share 244 Tweet 153
  • Kecelakaan di Jalur Daendels Panjatan, Satu Tewas dan Satu Luka Usai Pick Up Tabrak Dump Truk

    597 shares
    Share 239 Tweet 149
  • Lirik Sholawat Natawassal Bil Hubabah Arab Latin Terjemahan Serta Maknanya

    600 shares
    Share 240 Tweet 150
  • Viral! Video Guru dan Siswa SMK di Maluku Utara yang Sebrangi Sungai

    598 shares
    Share 239 Tweet 150
  • Lirik Sholawat Ya Sayyidi Ya Rasulullah Arab, Latin dan Terjemahan

    597 shares
    Share 239 Tweet 149
  • Pemkab Lumajang Tingkatkan Kapasitas SDM untuk Hadapi Ancaman Siber

    588 shares
    Share 235 Tweet 147
Headline.co.id


Headline.co.id (Headline Media Indonesia) merupakan situs berita Headline menyediakan berbagai macam informasi yang update dan terpercaya. Izin Kominfo No TDPSE : 007022.01/DJAI.PSE/08/2022 PB-UMKU: 120000073262700000001

  • Kebijakan Editorial
  • Pedoman Media Siber
  • Kode Etik
  • Koreksi Ralat
  • Redaksi
  • Pasang Iklan

© 2025 Headline.co.id - Faktual dan Aktual.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
    • Peristiwa
    • Nasional
  • Ekonomi
  • Kesehatan
  • Pemerintah
  • Religi
    • Doa
    • Sholat
    • Sholawat
  • Teknologi
    • Aplikasi
    • Kamera
    • Laptop
    • PC Desktop
    • Smartphone
  • Wisata & Kuliner
    • Hotel
    • Resep Makanan
    • Wisata Alam
    • Wisata Buatan
    • Wisata Budaya
    • Wisata Kuliner
  • Lainnya
    • Humaniora
    • Hukum
    • Gosip
    • Pendidikan
    • Hiburan
    • Olahraga
    • Transportasi
    • Viral
    • Suara Pembaca
    • Politik
    • Otomatif
    • Inspiration
    • Home Design
    • Lifestyle

© 2025 Headline.co.id - Faktual dan Aktual.