by

Ada Supermoon Hingga 22 Januari, BMKG Menghimbau: Waspada

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan ada tujuh daerah pesisir yang akan terkena air laut pasang maksimum yang diakibatkan oleh supermoon pada tanggal 19 Januari kemaren sampai 22 Januari 2019.

Daerah itu antara lain kawasan pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur dan pesisir Cilacap serta pesisir Jakarta Utara, .

Selain itu, air pasang juga diprediksi akan terjadi di pesisir Tanjung Benoa Bali, Kalimantan Barat, dan Makassar, Sulawesi Selatan. “Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada.” BMKG mencuit melalui akun Twitter @InfoHumasBMKG, Jumat, 18 Januari 2019 lalu.

Fenomena supermoon artinya ialah purnama ketika jarak antara bulan dengan bumi sedang dalam posisi terdekat (perigee). Pada bulan Januari ini, jarak bulan sedang berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi atau disebut perigee. Saat 22 Januari nanti, bulan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi sejauh 357.342 kilometer.

BMKG meminta kepada masyarakat pesisir untuk selalu waspada dalam kurum waktu 4 hari kedepan terhitung sejak tanggal 19 Januari 2019.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed