Yogyakarta International Airport Resmi Beroperasi Penuh Hari Ini Ditengah Wabah Covid-19

  • Whatsapp
Yogyakarta International Airport resmi beroperasi hari ini, seluruh penerbangan komersil dari Bandara Adi Sutjipto pindah ke YIA. (Foto: @Kangubibakar94)
Yogyakarta International Airport resmi beroperasi hari ini, seluruh penerbangan komersil dari Bandara Adi Sutjipto pindah ke YIA. (Foto: @Kangubibakar94)

HeadLine.co.id, (Nasional) – Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo resmi beroperasi penuh mulai hari ini, 29 Maret 2020.

Dengan beroperasinya YIA secara penuh, maka seluruh pelayanan penerbangan komersil melalui Bandara Adisutjipto kini sudah dialihkan ke Yogyakarta International Airport.

Read More

Baca juga: Update Corona 29 Maret 2020, 30 Provinsi di Indonesia Konfirmasi Covid-19 ini Rincian Kasusnya

PT Angkasa Pura I berharap dengan lokasi YIA yang jauh lebih luas dibandingkan Bandara Adisutjipto hal tersebut dapat meminimalisir risiko penularan virus Corona dengan memaksimalkan social distancing.

Rencananya beroperasinya YIA secara penuh akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi serta diikuti kemeriahan dengan berbagai atraksi hiburan untuk tamu dan calon penumpang pesawat.

Luas bangunan YIA sangat mendukung untuk melakukan Physical Distancing dibandingkan saat di Bandara Adi Sutjipto. (Foto: BandaraYogyakarta)
Luas bangunan YIA sangat mendukung untuk melakukan Physical Distancing dibandingkan saat di Bandara Adi Sutjipto. (Foto: BandaraYogyakarta)

Akan tetapi, mewabahnya virus corona di Indonesia menyebabkan PT Angkasa Pura I harus membatalkan seluruh acara seremonial yang sudah terencana tersebut.

Baca juga: Solusi Angkutan Barang Massal Masa Depan, KAI Unggul Dibandingkan Truk ODOL

Diharapkan dengan sudah dipindahkanya operasi YIA dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang pesawat serta bangunannya jauh lebih luas. Penerapan social distancing pun sangat bisa dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Corona.

Baca juga: Kembalikan Biaya Tiket 100 Persen, Wujud Nyata PT KAI Putus Rantai Penyebaran Corona

“Bandara Adisutijpto memiliki keterbatasan kapasitas, sehingga mengurangi kenyamanan pengguna jasa yang ada di bandara tersebut. Dengan pemindahan ini menjadi bagian dari mitigasi kami untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19 di bandara. Kegiatan pemindahan ini juga tidak kami lakukan dengan kegiatan seremoni, sehingga diharapkan ini akan memberikan rasa aman, rasa nyaman kepada seluruh stakeholder yang ada,” ujar Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi dilansir Kompas TV.

Tercatat saat ini, YIA memiliki 169 jadwal penerbangan per hari dan itu pun masih dapat ditingkatkan lagi karena kapasitasnya jauh lebih besar ketimbang Bandara Adisutjipto.

Baca juga: Kominfo Ingatkan Publik Tak Boros Pakai Internet dan Tidak Buka Situs Ilegal Ditengah Pandemi Virus Corona

Dengan bandara baru ini, Angkasa Pura I telah menargetkan 20 juta penumpang per tahun yang datang dan pergi lewat YIA.

“Dan yang lebih penting lagi, dengan bandara yang memiliki kapasitas 20 juta penumpang per tahun ini, tentu saja Yogyakarta International Airport akan dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik terhadap seluruh pengguna jasa yang ada dan tentu saja mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19. Faktor kenyamanan dan keamanan jadi salah satu prioritas utama kami, sehingga bandara ini sudah selayaknya harus kita operasikan.” tandas Faik Fahmi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *