Dua Maskapai Internasional Akan Segera Mendarat di NYIA

  • Whatsapp
Maskapai Turkish AirLines dan Qatar AirWays segera mendarat di Bandara New Yogyakarta Internasional Airport.
Maskapai Turkish AirLines dan Qatar AirWays segera mendarat di Bandara New Yogyakarta Internasional Airport.

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Maskapai penerbangan asing diantaranya Qatar Airways dan Turkish Airlines tengah mendekati PT Angkasa Pura I (AP I) Persero. Hal ini bertujuan untuk dapat terbang dan mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I Devi Suradji mengungkapkan bahwa kedua perwakilan maskapai tersebut telah berbicara langsung dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: MotoGP 2020 Berpotensi Digelar Tanpa Penonton Karena Wabah Virus Corona

“Ada beberapa¬†airlines¬†yang dekati kami, lagi nego (negosiasi). Karena sudah ketemu menteri (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) mungkin boleh diomongin, yaitu Turkish Airlines dan Qatar Airways,”ungkap, Jumat (6/3).

Sebelumnya, maskapai penerbangan yang telah melayani jadwal penerbangan internasional di YIA yakmi SilkAir dan AirAsia. Berikutnya, pada 20 Mei 2020, maskapai ScootAirlines asal Singapura akan mendarat langsung di bandara tersebut. Hal ini setelah Singapore Airlines Group memutuskan untuk memerger Singapore Airlines dan SilkAir pada 2019 lalu.

“Tetapi memang waktu pembahasan sebelum ada virus corona. Jadi ini masih dalam pembahasan untuk Yogyakarta bagi Turkish sama Qatar,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama AP I Faik Fahmi juga mengatakan bandara YIA akan segera beroperasi penuh pada 29 Maret 2020 mendatang. Nantinya, AP I akan memindahkan penerbangan eksisting di Bandara Adi Sutjipto, baik domestik maupun internasional. Sedangkan penerbangan pesawat baling-baling masih menetap di Adi Sutjipto.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Datang Ke Kantor Menteri BUMN, Netizen Bertanya-tanya Ada Apa?

“Dengan pengoperasian YIA ini akan meningkatkan kapasitas secara signifikan. Sebab, Adi Sutjipto memiliki kapasitas 1,8 juta tapi penumpangnya sudah 8,4 juta,” ucapnya.

Sebagai informasi, YIA memiliki kapasitas mencapai 20 juta penumpang per tahun. Bandara ini merupakan satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tercantum di dalam Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2018 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *