Belum Ada Satupun Kasus Positif Corona, Indonesia Disebut Punya Imunitas Terhadap Virus Corona

  • Whatsapp
Petugas kesehatan sedang melakukan pemeriksaan kepada warga Wuhan, China.
Petugas kesehatan sedang melakukan pemeriksaan kepada warga Wuhan, China. (ilustrasi/AP)

HeadLine.co.id, (Nasional) – Korban virus corona telah mencapai angka 1.000 sejak wabah ini pertama kali muncul. Di Indonesia sendiri hingga saat ini belum dilaporkan satupun kasus positif.

Hal ini membuat berbagai spekulasi muncul, salah satunya menyebutkan bahwa orang Indonesia memiliki imunitas atau kekebalan terhadap virus corona. Hal ini semakin diperkuat setelah adanya pemeriksaan terhadap 78 WNI awak kapal pesiar Diamond Princess. Hasil pemeriksaan menunjukkan seluruh WNI awak kapal negatif virus corona.

Bacaan Lainnya

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr Anung Sugihantono turut merespon kabar ini saat ditemui di Gedung Layanan Badan Litbangkes pada Selasa (11/02).

Baca Juga: Sejak 2018 Grab Hadirkan Tombol Darurat di Aplikasi, Berikut Penjelasannya

“Ini mungkin ya, karena ilmiahnya masih harus dibuktikan. Mungkin memang kita mempunyai kekebalan tertentu pada penyakit tertentu. Imunitas kita berbeda pada penyakit tertentu,” ucapnya.

Soal imunitas terhadap virus corona, Prof David H Muljono, dr, SpPD, FINASIM, PhD, peneliti senior Lembaga Biologi Molekular Eijkman, mempunyai penilaian sendiri. Ia mengatakan bahwa kekebalan tubuh relatif dan banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dapat terjangkit penyakit.

Baca Juga: Siswi SMP di Purworejo Menjadi Korban Perundungan, Ganjar Pranowo: Sudah Ditangani

“Kalau dia dikelilingi orang yang sakit, salah satu yang terjadi di Wuhan itu dingin kan di sana, jadi mereka makan ramai-ramai. Ketika dia berada di sekeliling orang sakit, makan ramai-ramai kan itu terjadi kontak,” jelasnya.

Meski begitu, ia menyebut beberapa faktor yang menjadi kemungkinan sampai saat ini Indonesia belum terkena virus corona jenis baru.

“Ini banyak faktor ya, mungkin dengan informasi yang begitu cepat ya, lalu kehati-hatian orang, lalu penggunaan masker. Saya kira itu juga exposure (kontak),” tambahnya.

Peneliti senior pusat studi satwa primata IPB, Dr drh Joko Pamungkas MSc menjelaskan bahwa saat ini ia belum dapat memastikan apakah Indonesia benar-benar terbebas dari virus corona meskipun belum ada laporan kasusnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *