Jokowi Resmikan Underpass YIA Terpanjang di Indonesia

  • Whatsapp
Underpass YIA Terpanjang Di Indonesia Mendapatkan Rekor MURI
Underpass YIA Terpanjang Di Indonesia Mendapatkan Rekor MURI. Foto: Biro Pers Setpres

Headline.co.id (Kulon Progo) ~ Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan trowongan lintas bawah (underpass) Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat, 31 Januari 2020, Underpassntersebut menjadi terpanjang di Indonesia dengan panjang keseluruhan mencapai 1,3 kilometer.

Underpass terpanjang di Indonesia tersebut dibangun PT Wijaya Karya ini pun mendapat penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

baca juga : Jokowi Bagikan 2.000 Sertifikat Tanah di Jogja

Selain Presiden, kunjungan kerja tersebut juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Yogyakarta Hamengkubawana X.

“Pada sore hari ini kita meresmikan terowongan terpanjang. Ini 1,3 kilometer. Terowongan terpanjang di Indonesia yang juga salah satu dari keseluruhan proyek Yogyakarta International Airport,” ungkap Jokowi di lintas bawah YIA, Kabupaten Kulon Progo.

Presiden Jokowi meresmikan underpass YIA terpanjang di Indonesia
Presiden Jokowi meresmikan underpass YIA terpanjang di Indonesia. Foto: Biro Pers Setpres

Struktur underpass tersebut terdiri atas konstruksi terowongan sepanjang 1.095 meter dan jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter. Sedangkan lebar lintas bawah adalah sebesar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter, dan samping 18,4 meter.

baca juga : Edi Sukmoro Tinjau Kesiapan Jalur Reaktivasi Cibatu-Garut, Warga Ucapkan Terimakasih

Lintas bawah ini memiliki tinggi 5,2 meter.Infrastruktur ini dibangun dengan biaya Rp293 miliar. Jalan lintas bawah ini terdiri dari area tertutup atau terowongan sepanjang 1,095 km dan area terbuka 300 meter.

Jalan trowongan tersebut dibangun untuk mempertahankan eksistensi ruas jalan nasional Panti Selatan Jawa (Pansela) yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta serta memperlancar arus lalu lintas warga Kulon Progo dan sekitarnya. Sebab, pembangunan Bandara YIA memotong ruas jalan Pansela sebelumnya.

underpass ini dilengkapi dengan empat jalur yang telah dilengkapi kamera pengawas atau CCTV. Kamera ini akan terhubung dengan bandara supaya mempermudah koordinasi.

baca juga : Menteri ATR/BPN: Pensertifikatan Tanah Grondkaart Jadi Prioritas Kami

Presiden menyampaikan, pembangunan lintas batas tersebut nantinya dapat memberikan kontribusi terutama peningkatan turis menuju Yogyakarta, Borobudur, Prambanan, dan sekitarnya.

“Tinggal kita nanti menyelesaikan layanan transportasi antarmoda yang interkoneksi sehingga masyarakat memiliki pilihan-pilihan. Ada opsi yang bisa dipilih dalam rangka pelayanan kepada turis dan masyarakat,” imbuh Presiden.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *