by

Bali Menjadi Tuan Rumah Global Sustainable Tourism Council

HeadLine.co.id, (Bali) – Global Sustainable Tourism Council (GSTC) atau Dewan Pariwisata Berkelanjutan Dunia mengadakan kegiatan di Sanur, Bali. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28 hingga 30 Januari 2020 di Resort Puri Santrian.

Peserta yang mengikuti training merupakan stakeholders industri pariwisata dari berbagai negara, pengusaha pariwisata, akademisi, konsultan, pembuat kebijakan, dan sebagainya. Pelatihan ini diisi langsung oleh trainer dari GSTC yang membahas kriteria dan indikator pariwisata berkelanjutan untuk industri dan juga destinasi.

Sumatera Utara sendiri diwakili oleh dua ahli pariwisata berkelanjutan yakni Walid Dalimunthe, S.I.P., M.A dibidang Kebijakan dan Manajemen Destinasi Wisata serta Dr. Zahari Zen dibidang Lingkungan. Mereka berkomitmen untuk menyokong pembangunan pariwisata berkelanjutan di Sumatera Utara, hal ini menjadi dasar utama untuk mengikuti program bergengsi ini.

Stakeholders industri pariwisata dari berbagai negara, pengusaha pariwisata, akademisi, konsultan, pembuat kebijakan, dan sebagainya mengikuti GSTC di Sanur Bali.

Pelatihan ini sangat detail dan aplikatif untuk konteks lokal. Ada banyak konsiderasi yang harus dihitung dalam pengembangan sektor pariwisata, yaitu manajemen yang berkelanjutan, dampak sosial-ekonomi, budaya, dan dampak lingkungan.

Baca Juga: Asahan Gelar Seminar Nasional Sedimentasi Dua Sungai, Walid: Dibutuhkan Perencanaan Matang

“Kami akan berusaha mengkomunikasikan dengan semua pemangku kepentingan di Sumatera Utara dan menginternalisasi nilai-nilai berkelanjutan dalam pengembangan pariwisata di level provinsi.” ungkap Walid.

Diharapkan kedepannya industri pariwisata di Sumatera Utara semakin baik mulai dari pelayanan hotel akomodasi hingga tour operator dan destinasi wisata akan menerapkan standar dari GSTC.

Sebelumnya, kedua ahli ini merupakan Team Leader dan Destination Management Expert dalam Sustainable Tourism Observatory of Lake Toba 2019.

Comment

News Feed