Loyalitas Nasabah Tantang Bisnis Bank Digital, Jenius Fokus pada Layanan Menyeluruh
Jakarta, Headline.co.id – Wakil Direktur Utama PT Bank BTPN Tbk Darmadi Sutanto mengungkapkan bahwa fenomena berpindahnya nasabah antar bank digital saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi industri perbankan digital.
“Loyalitas nasabah menjadi salah satu tantangan. Anak muda zaman sekarang tidak terlalu mementingkan ‘trust’ dan ‘keberlangsungan’ bank,” ujar Darmadi kepada Headline.co.id, Senin.
Menurutnya, nasabah muda cenderung beralih ke bank digital lain yang menawarkan promo dan bunga menarik, serta biaya perpindahan yang minim.
Meski demikian, Darmadi menegaskan bahwa jumlah nasabah aktif tetap menjadi tolok ukur keberhasilan bank digital. Untuk menjaga loyalitas nasabah, Jenius sebagai pelopor bank digital di Indonesia terus berinovasi.
“Jenius fokus menyediakan layanan keuangan yang menyeluruh dalam satu aplikasi, sehingga nasabah tidak perlu berpindah-pindah platform,” jelas Darmadi.
Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah fitur investasi reksa dana yang bekerja sama dengan manajer investasi terpercaya. Hingga akhir Juni 2024, jumlah nasabah Jenius mencapai 5,8 juta, naik 21% YoY.
Namun, dari total nasabah tersebut, hanya 25% yang tercatat aktif melakukan transaksi setiap bulan. Darmadi menargetkan untuk meningkatkan porsi nasabah aktif menjadi 25% dalam kurun waktu 1,5 hingga 2 tahun ke depan.
Selain menjalin kerja sama dengan Syailendra Capital, Jenius juga terus memperkuat promosi produk investasi reksa dana kepada nasabah.
“Kami menyeleksi produk-produk investasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan nasabah kami. Syailendra Capital memiliki rekam jejak yang baik dan produk yang relevan,” pungkas Darmadi.
sumber: https://www.antaranews.com/berita/4255471/jenius-btpn-akui-loyalitas-nasabah-jadi-tantangan-bagi-bank-digital.





















