by

Bupati Sidoarjo Terjerat OTT KPK, Khofifah: Kami Akan Ngumpulin Kepala Daerah

HeadLine.co.id, (Nasional) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diwakili Tim Satuan Tugas (Satgas) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap sejumlah orang di di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/1). OTT perdana pimpinan KPK baru pada tahun 2020 itu di antaranya menyasar Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Pelaksana Tugas Juru Bicara (Jubir) KPK Bidang Penindakan Ali Fikri mengungkapkan, Saiful Ilah diduga terlibat transaksi ilegal berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. “Ada (uang yang diamankan). Masih dihitung penyelidik,” kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu (8/1).

Saiful Ilah dan sejumlah pihak lain dibekuk karena diduga terlibat dalam transaksi ilegal. Transaksi itu berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Sidoarjo. “Terkait pengadaan barang dan jasa,” kata Ali. Menurutnya, detail kasusnya akan disampaikan pada Rabu sore. Namun, hingga pukul 22.00 WIB, konferensi pers yang dijanjikan tak kunjung dimulai.

OTT ini menjadi yang perdana sejak UU Nomor 19 Tahun 2019 berjalan sekaligus perdana untuk tahun 2020. Penangkapan ini juga merupakan operasi senyap perdana yang dilakukan KPK pada era Pimpinan KPK Jilid V sejak dilantik pada 20 Desember lalu.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) menyerahkan kasus tersebut kepada aparat penegak hukum. Meski begitu, Pemerintah Provinsi Jatim tetap akan menanggapinya dengan mengadakan pertemuan dengan seluruh kepala daerah setempat. “Harapannya adalah semuanya bisa mendapatkan penguatan bagaimana menjaga pemerintahan yang baik,” tutup Khofifah, Rabu (8/1).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed