Budi Karya, Edi Sukmoro, Faik Fahmi dan Ganjar Pranowo Hadiri Soft Launching KA Bandara Internasional Adi Soemarmo

  • Whatsapp
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, didampingi Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan testimoni saat meninjau Stasiun KA Bandara Intenasional Adi Sumarmo
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, didampingi Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan testimoni saat meninjau Stasiun KA Bandara Intenasional Adi Sumarmo

Headline.co.id (Solo) ~ Kereta bandara merupakan sebuah opsi bagi masyarakat milenial yang membutuhkan transportasi yang aman, nyaman dan tepat waktu serta memiliki jadwal reguler yang sudah terkonektivitas dengan jadwal penerbangan. Dalam satu tahun ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah merespon cepat kebutuhan KA Bandara sebagaimana program pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI.

baca juga : Masyakarat Harus Paham, Pemasangan Pintu Perlintasan Tanggungjawab Pemda

Bacaan Lainnya

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, didampingi Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Executive Vice President PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, serta Bupati Boyolali Seno Samodro menghadiri acara soft launching Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo pada Minggu, (29/12/2019).

Budi Karya dan Ganjar Pranowo asik menikmati perjalanan menuju bandara menggunakan KA BIAS
Budi Karya dan Ganjar Pranowo asik menikmati perjalanan menuju bandara menggunakan KA BIAS

Ditandai soft launching, KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) mulai beroperasi hari ini. Rangkaian acara diawali dengan pertunjukan Tari Golek Manis dilanjutkan peninjauan situasi di Stasiun Solo Balapan bersama anak-anak yatim sekaligus sapa penumpang. Peninjauan dilanjutkan menuju ke Peron dan melakukan perjalanan menuju Stasiun BIAS menggunakan rangkaian KA 853 SLO-SMO.

baca juga : Sambut Angkutan Nataru, PT KAI Daop 6 Gelar Apel Pasukan dan Upacara Bela Negara di Stasiun Tugu

KA BIAS telah selesai di restorasi oleh PT KAI (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta dan siap beroperasi. Sarana KA BIAS terdiri dari dua rangkaian. Masing-masing rangkaian terdiri dari empat kereta dengan kapasitas satu rangkaian sebanyak 206 penumpang duduk. Jarak tempuh dari Stasiun Solo Balapan menuju ke Stasiun BIAS adalah 12,997 km. Headwaynya kurang lebih 37 menit.

“Kedepannya, juga akan dibuka dua rute tambahan, yaitu rute Bandara Adi Soemarmo menuju Yogyakarta dan Kutoarjo”, jelas Edi Sukmoro.

Adapun stasiun kereta bandara seluas sekitar 5.141 meter persegi yang dibangun oleh Angkasa Pura I ini dapat menampung hingga 10.000 penumpang dengan total 3 konter check-in pesawat, 1 mesin self check-in pesawat, dan 2 loket pembelian tiket KA Bandara.

Rombongan melakukan pengecekan lokasi boarding KA Bias di Stasiun Solo Balapan
Rombongan melakukan pengecekan lokasi boarding KA Bias di Stasiun Solo Balapan

Selain itu, di stasiun KA Bandara juga terdapat berbagai fasilitas seperti lift khusus penyandang disabilitas, nursery room, toilet, ruang tunggu dengan pendingin ruangan, tenant, customer service, mushola, charging station, dan peron.

KA Bandara Adi Soemarmo juga menyediakan kursi khusus penyandang disabilitas, lengkap dengan pengikat untuk kursi roda.

baca juga : Peringati Hari Ibu Ke-91 Daop 6 Yogyakarta Upacara Bendera Dipimpin Pegawai Perempuan

Setiap gerbong memiliki toilet ramah lingkungan, rak bagasi yang berada di dinding samping ruang penumpang, soket listrik, dan televisi layar datar. Selain itu, untuk menjaga keamanan penumpang, tiap gerbong juga dilengkapi kamera pengawas (CCTV).

Disiapkan 60 perjalanan yang terdiri dari 30 perjalanan dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun BIAS dengan waktu tempuh 19 menit. Sementara untuk 30 perjalanan dari Stasiun BIAS ke Solo Balapan menempuh waktu 27 menit. Selisih waktu yang ada dikarenakan adanya persilangan KA Bandara dan KA intercity.

Petugas boarding KA BIAS di Stasiun Solo Balapan melayani penumpang
Petugas boarding KA BIAS di Stasiun Solo Balapan melayani penumpang

Jam operasi KA BIAS dari pukul 04.25 s.d. 23.14 wib untuk pemberangkatan dari Stasiun Solo Balapan. Sementara keberangkatan dari Stasiun BIAS pukul 04.53 s.d. 23.42 wib. Tiket sementara dapat dibeli secara go show 3 jam sebelum keberangkatan di loket stasiun Solo Balapan dan stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo. Kedepannya tiket dapat dibeli melalui KAI Access.

Setelah dioperasikan hari ini, KA Bandara Adi Soemarmo masih dapat dinikmati secara cuma-cuma oleh pengguna jasa hingga Februari 2020 mendatang. Tarif tiket resmi setelah periode cuma-cuma ini akan diumumkan kemudian.

Penjelasan lebih lanjut mengenai ketentuan tiket promo dengan harga Rp. 0.- sebagaimana telah dijelaskan oleh Gotro Nuryadin selaku Manager Komersial Daop 6 Yogyakarta sebagai berikut :

  1. Hanya dapat dibeli secara go show 3 jam sebelum keberangkatan kereta api
  2. Hanya dapat dibeli di loket stasiun keberangkatan kereta api (Stasiun Solobalapan / Stasiun Adi Soemarmo)
  3. Tiket tidak dapat dibatalkan atau diubah jadwal
  4. Tidak berlaku reduksi
  5. Anak usia 3 tahun ke atas wajib memiliki tiket
  6. Satu pengantri max 4 tiket
  7. Bagasi tangan gratis max 20kg

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *