Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Lifestyle

Kota Paling Dicari untuk Membeli Rumah di Pulau Jawa

3433
×

Kota Paling Dicari untuk Membeli Rumah di Pulau Jawa

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi gambar investasi rumah
Ilustrasi gambar investasi rumah (ist)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Sebagai pulau dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, Pulau Jawa memiliki permintaan hunian yang tinggi guna mengatasi backlog atau kekurangan rumah di wilayah tersebut. Fenomena ini membuat Pulau Jawa menjadi fokus utama pencarian tempat tinggal bagi masyarakat. Berikut adalah kota-kota yang paling banyak dicari oleh calon pembeli rumah di Pulau Jawa, berdasarkan data dari portal properti Lamudi.co.id.

1. Jakarta

Jakarta, sebagai ibu kota negara, menjadi kota paling diminati untuk pembelian rumah. Setiap bulannya, Berdasarkan data Lamudi.co.id minat rumah di sana i mencapai 8.500 orang, dengan mayoritas tertarik pada kawasan Jakarta Selatan. Fasilitas lengkap dan menjadi pusat bisnis nasional membuat Jakarta menjadi pilihan menarik bagi pencari rumah. 

Baca juga: Pantai Indrayanti Jogja: Pesona Alam yang Memukau di Wisata Gunungkidul

2. Bogor

Bogor menduduki peringkat kedua dalam pencarian rumah, dengan 7.300 orang mencari informasi tentang rumah dijual setiap bulannya. Mereka cenderung mencari hunian dengan luas tanah 90 meter persegi. Harga rumah dijual di Bogor saat ini mencapai Rp 9.565.217 per meter persegi, sementara harga tanahnya dimulai dari Rp 2.300.000 per meter persegi. Calon pembeli yang dominasi pembelian rumah di Bogor  adalah kalangan milenial berusia 25-32 tahun. Kota ini menarik karena dilengkapi dengan infrastruktur seperti Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) dan pembangunan Light Rail Transit (LRT).

Menariknya lagi, di kawasan Bogor Anda bisa menemukan banyak sekali proyek perumahan yang mengincar beragam segmen pasar, mulai dari, kalangan bawah, menengah hingga atas. Contohnya seperti Pesona Telaga Cibinong, Bali Resort Bogor, Nirwana Bojong, Marnyar Riverside dan lain sebagainya.    

Baca juga: Tips Desain Kamar Mandi Minimalis 2×2 dengan Kloset Duduk

3. Bekasi

Bekasi menempati peringkat ketiga dalam pencarian rumah di Pulau Jawa, dengan minat sebanyak 2.100 orang setiap bulannya. Harga rumah di Bekasi mencapai Rp 9.100.000 per meter persegi. Mayoritas pencari berusia 25-34 tahun dan 18-24 tahun, dengan anggaran di bawah Rp 500 juta. Lokasi seperti Harapan Indah, Cikarang, dan Pondok Gede menjadi daerah yang banyak diminati.

4. Semarang

Semarang menjadi kota favorit dalam pencarian rumah, dengan sekitar 2.300 orang mencari informasi rumah dijual setiap bulan. Mayoritas tertarik pada hunian di Semarang dengan harga di bawah Rp 500 juta. Ibu kota Jawa Tengah ini diminati karena telah dilengkapi beragam fasilitas umum, seperti pusat pendidikan, rumah sakit, pusat perbelanjaan modern, dan transportasi umum yang memadai.

Baca juga: Bikin Nyaman! Begini Desain Rumah Minimalis Idaman Keluarga Yang Wajib Kamu Tau

5. Surabaya

Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar di Pulau Jawa, juga menjadi destinasi pencarian rumah yang signifikan. Setiap bulannya, sekitar 3.500 orang mencari informasi tentang rumah dijual di Surabaya. Kota ini menarik minat pembeli karena memiliki berbagai fasilitas dan infrastruktur yang berkembang pesat.

Harga rumah di Surabaya bervariasi tergantung pada lokasi, namun, minat tertinggi cenderung pada kawasan-kawasan seperti Jalan Tunjungan, Jembatan Suroboyo, dan kawasan Graha Wiyata. Fasilitas umum yang lengkap, pusat perbelanjaan, serta keberagaman aktivitas ekonomi membuat Surabaya tetap menjadi kota pilihan bagi mereka yang mencari hunian.

Baca juga: Tips Dekorasi Kamar Tidur Minimalis dan Estetik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilustrasi Investasi Rumah di Bekasi
Ekonomi

Menelisik Potensi Investasi Rumah di Bekasi ~ Headline.co.id (Bekasi). Bekasi, sebagai salah satu kota satelit Jakarta, telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Selain sebagai pusat industri, Bekasi juga…

Cara Ampuh Membasmi Cicak di Rumah
Inspiration

Tips Ampuh dan Manusawi Basmi Kemunculan Cicak di Rumah ~ Headline.co.id (Inspiration). Cicak, seringkali dianggap sebagai “tamu” yang tidak diinginkan di rumah, ternyata memainkan peran penting dalam ekosistem manusia. Meskipun…

Tugu Jogja
Ekonomi

Pemprov DIY Siapkan Terobosan Baru untuk Tarik Investasi ~ Headline.co.id (Jogja). Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkomitmen untuk meningkatkan layanan perizinan guna menarik lebih banyak investasi. Dalam upaya ini,…