Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaTeknologi

Selama Libur Lebaran 2023, Trafik Penggunaan Data XL Naik 37 Persen

1414
×

Selama Libur Lebaran 2023, Trafik Penggunaan Data XL Naik 37 Persen

Sebarkan artikel ini

Kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan sekitar 17% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Ilustrasi Pengguna Internet Selama Libur Lebaran
Ilustrasi Pengguna Internet Selama Libur Lebaran. (img: istockphoto.com)

Selama Libur Lebaran 2023, Trafik Penggunaan Data XL Naik 37 Persen ~ Headline.co.id (Teknologi). PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat terdapat peningkatan trafik penggunaan data pada libur  libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April-27 April 2023.

Baca juga: Mengenal Bechdel Test Fest dan Melihat Representasi Perempuan dalam Film

Trafik layanan data XL Axiata mengalami kenaikan sebesar lebih dari 37 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya dan sekitar 17 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadhan.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengungkapkan bahwa XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini.  Persiapan khusus sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyediakan layanan terbaik di libur Lebaran ini. Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.

Baca juga: Punya Villa Jarang diPakai? Mending Sewakan Saja Begini cara Mudah Manajemennya

“Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” kata Gede dalam siaran pers yang diterima Headline.co.id.

Gede menambahkan selama periode Libur Lebaran, trafik layanan didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36%, Instan Messaging 33%, Games 11% dan Streaming yang mencapai 10%, serta layanan lainnya mencapai 9%. Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36%, Disney Hotstar 22%, TikTok 12% dan YouTube naik 5%.

Baca juga: Acer Luncurkan Desktop Predator dan Monitor Nitro Terbaru Untuk Para Gamer

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55%, Twitter 15% dan Meta (Facebook) 4%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75% dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, kata Gede,  berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 27%, Jawa Barat 19%, dan Jawa Timur 17%. Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12%, Sumatera Selatan 15%, Kalimantan 10%, Sulawesi 6%, Bali-NTB-NTT 10%. Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah  Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62%, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49%, dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48%.

Baca juga: Viral Oknum TNI Plat AA Tendang Kendaran Ibu-Ibu, Komandan TNI: Prajurit Tidak Boleh Arogan

“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan selama libur lebaran terlihat turun sebesar 6% dibanding hari biasa. Data-data trafik di Jabodetabek tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke propinsi lain, yaitu sekitar 35%,” ujar Gede

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa libur Lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2x dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Baca juga: Mudik Nyaman Konsumsi BBM Aman dengan Mitsubishi New Xpander Cross

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.

Bagi pengguna XL yang lupa nomer hp dan ingin mengeceknya bisa di cek melalui cara cek nomor xl yang telah headline.co.id himpun dari whimsy official.

Terimakasih telah membaca Selama Libur Lebaran 2023, Trafik Penggunaan Data XL Naik 37 Persen  semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Ditanya Tas Mewah, Kadinkes Reihana langsung kabur meninggalkan Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis online apa yg cocok untuk pemula
Ekonomi

7 Cara Jualan Online di Internet ~ Headline.co.id (Ekonomi). Sedang merencanakan untuk memulai usaha sendiri melalui internet,namun belum memiliki pemahaman yang mendalam mengenai strategi penjualan online? Bagi para calon pebisnis,…