Mengenal Istilah-Istilah Status dalam Ekspedisi Pengiriman Barang

Gravatar Image
Arti Status Pengirman Barang Saat Belanja Online

Mengenal Istilah-Istilah Status dalam Ekspedisi Pengiriman Barang ~ Headline.co.id. Buat yang sering membeli barang secara online tentu sering sekali mengecek status pengiriman barang. Tentunya status pengiriman barang memiliki banyak sekali jenis statusnya dan wajib kita tahu bahwa setiap setiap status memiliki arti yang berbeda-beda.

Baca juga: Mau Diet? Begini Tips Memilih Camilan Rendah Kalori

Biasanya barang dikirim melalui ekspedisi tertentu kemudian kita melihat status pengiriman barang, Salah satu contohnya saat kita mengirim barang dari Ekspedisi Jakarta Medan memiliki banyak sekali jenisnya seperti Delivery Order, Drop Point, Shipper dan masih banyak status pengirimanan lainnya.

Jika kita mengirim Cargo Jakarta Medan degan status drop point tentu berbeda dengan status shipper. Nah agar tidak penasaran berikut ini istilah-istilah yang wajib kamu tau dalam status dunia pengiriman yang headline.co.id rangkum dalam berbagai sumber:

  1. Delivery Order

Delivery order atau DO merupakan sebuah kata yg merujuk pada tanda atau bukti pengambilan barang. Bukti pengambilan barang tersebut didapatkan dari shipping agent yg merupakan agen untuk proses pengiriman barang yg dipesan secara online.

Baca juga: Mengenal Alfinia Kristiani Seorang Pejuang Teman Autis dari Jakarta Peraih Astra SATU Indonesia Awards 2022

  1. Drop Point

Drop point merupakan sebuah ungkapan untuk kantor cabang. dalam sebuah jasa ekspedisi, drop point merupakan sebuah kantor cabang.

Ada banyak sekali pekerjaan dari kantor cabang, dan hal ini berbeda-beda ya, tergantung dari perusahaan tersebut untuk apa drop point. Misalnya, kalian ingin mengirim sebuah paket, maka kalian bisa menyerahkan kepada drop point dan akan di proses untuk pengirimannya.

  1. Shipper

Buat yang asing dengan shipper, Shipper ini merupakan pengirim atau eksportir yang menyediakan barang secara online. Ketika kita melakukan pembelian, shipper kemudian akan memprosesnya.

  1. Consignee

stilah satu ini juga biasa dikenal dengan nama cnee. Dalam jasa ekspedisi, consignee adalah penerima, yang memesan barang. Biasanya, identitasnya terdiri dari nama, alamat, dan nomor yang dapat dihubungi sebagaimana identitas dari shipper itu sendiri.

Baca juga: Tips Mudah Mengelola Pembayaran Perusahaan Dengan Mudah dan Cepat

  1. Part of Shipment

Untuk yang satu ini merupakan istilah yang merujuk pada pengiriman barang dengan kontainer dengan isi beberapa nama pengirim. Biasanya berisi beberapa barang yang terdiri dari beberapa nama pengirim dengan satu tujuan yang sama.

  1. Bill of Lading

Bill of lading merupakan bukti atau tanda terima, baik untuk pengiriman atau pengembalian barang. Bill of lading juga memiliki peran penting, yaitu sebagai bukti dari kepemilikan barang serta bukti perjanjian dari pengangkutan barang yang dipesan.

  1. Description of Goods

description of goods ini biasanya berkaitan tentang barang yang dikirim.

  1. Packing List

Dalam dunia ekspedisi packing list ini memiliki arti informasi detail terkai nama pengirim atau shipper serta nama penerima atau consignee.

Baca juga: Cari Klinik Kecantikan di Jogja, ini Rekomendasi Terbaik Harga Bersahabat

  1. Net Weight

Weight atau N.W yang merupakan berat asli barang yang dikirim. Selain itu, N.W juga bisa disebut sebagai berat bersih yang hanya mencantumkan berat barang yang dipesan tanpa dihitung berat kemasan dan lainnya.

  1. Shipping Mark & Number

Istilah shipping mark & number merupakan sebuah keterangan yang tertera pada kemasan atau packing barang yang dapat digunakan sebagai tanda pengiriman.

  1. Full Container Loaded

Istilah berikutnya ada, full container loaded atau di singkat dengan FCL. Istilah FCL sendiri berarti barang yang dikirim menggunakan kontainer, yaitu sebuah barang yang dikirim memiliki berat atau ukuran yang wajib menggunakan kontainer.

  1. Shipping Schedule

Shipping schedule ini memiliki arti yaitu jadwal pengiriman barang yang diberikan oleh shipping agent untuk setiap barang yang masuk dan harus dikirimkan.

Baca juga: 4 Tips Mudah Translate Jurnal Internasional ke Bahasa Indonesia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Review