Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 Digelar, Panitia Mengusung Tema ‘Mulanira’

  • Whatsapp
Ketua Panitia FKY Paksi Raras bersama sejumlah pejabat Gubernur DIY membuka pagelaran acara Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019. (Instagram: @Jatun_wn)

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – Bertempat di depan eks-Gedung KONI, Pangurakan, Festival Kesenian Yogyakarta atau lebih dikenal dengan FKY resmi dibuka oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang kali ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum, (04/07).

Pada tahun 2019 ini FKY mengusung nama baru yang sebelumnya Festival Kesenian Yogyakarta kini menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Mewakili Gubernur DIY dalam pembukaan FKY 2019, Drs. Umar Priyono, M.Pd memberikan sambutan, Umar menyampaikan, “Adanya nama baru dalam FKY kali ini, harapannya dapat memfasilitasi sekaligus memberikan ruang bagi kekayaan budaya yang ada di wilayah DIY,” ujarnya.

Umar juga menganggap bahwa gelaran FKY ini mampu menjadi sebuah ikon baru pariwisata DIY yang ditunggu oleh masyarakat Yogyakarta setiap tahunnya.

Pawai Kebudayaan ‘Mulanira’. (Twitter: @FestKebudayaanYogyakarta)

Tema yang dibawa dalam gelaran FKY 2019 kali ini adalah Mulanira. “Mulanira berarti ruang, ragam, interaksi. Kata ini diambil dari bahasa Jawa Kuno yang berarti wiwitan, mulanya, pada mulanya, dan yang pertama,” ungkap Paksi Raras Alit, Ketua Umum FKY 2019.

Paksi mengharapkan, tema yang diusung tahun ini mampu mewakili awal dari festival kebudayaan, sekaligus membaca kembali kebudayaan Yogyakarta sebagai ruang, di mana di dalamnya ada keragaman sekaligus interaksi kebudayaan-kebudayaan yang membentuk Yogyakarta.

Adapun untuk pagelaran FKY tahun 2019 ini akan dipusatkan di Kampung Mataraman, Pendowoharjo, Sewon, Bantul.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *