by

Nekat Terobos, Nyawa Melayang

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Menerobos pintu perlintasan sebidang atau perlintasan antara jalan raya dengan jalur kereta api memang hal yang sangat berbahaya, namun masih ada saja yang melakukannya dan membahayakan perjalanan kereta api.

Seperti yang baru terjadi sepekan yang lalu, mulai dari pasutri di Jember tewas tertemper kereta karena tidak memperhatikan jalan saat hendak menyebrang rel, sebuah mobil di Solo tertemper KA Batara kresna, dan yang paling mengenaskan satu keluarga yang sedang mengendarai mobil di Indramayu nekat nerobos perlintasan sebidang meski sudah diingatkan petugas.

Melihat kejadian ini membuat kita berpikir apa yang salah dengan kita dan peraturan yang dibuat di negara ini? Bukankah sudah jelas peraturannya kereta api mendapat prioritas jalan yang utama sesuai dengan Undang-Undang (UU) No.23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian bahwa pengendara jalan raya harus mendahulukan kereta api yang melintas pada jalannya dan setiap kendaraan wajib berhenti ketika palang pintu perlintasan sudah ditutup dan sinyal sudah berbunyi. 

Selain itu fungsi dari pintu perlintasan kereta api adalah untuk mengamankan perjalanan kereta api, bukan sebagai rambu untuk pengamanan kendaraan. Hal ini sudah diatur dalan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Adapun yang berwenang untuk menutup maupun membuka pintu perlintasan kereta api adalah Pemerintah Daerah dan Dinas Perhubungan setempat, sedangkan PT. KAI hanya sebagai operator perjalanan kereta.

Terlepas dari semua peraturan yang ada, yang paling penting dan utama ialah kesadaran pengguna jalan untuk tidak menerobos pintu perlintasan kereta ataupun melanggar peraturan yang ada. Hal ini demi keselamatan perjalanan kereta api dan penumpangnya serta para pengguna jalan raya.

Terlepas dari itu semua, yang paling penting adalah kesadaran pengguna jalan untuk tidak menerobos pintu  perlintasan yang telah ditutup. Hal ini semata-mata demi keselamatan semua pihak, baik keselamatan kereta api dan penumpangnya serta keselamatan pengguna jalan yang lain. 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed