Mahfud MD Minta Perusakan Masjid Jemaat Ahmadiyah Indonesia Diproses Hukum HAM

  • Whatsapp
Warga rusak masjid Ahmadiyah di Sintang, Kalbar
Foto: Warga rusak masjid Ahmadiyah di Sintang, Kalbar (dok. Istimewa)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Peristiwa perusakan masjid Ahmadiyah di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat agar bisa segera diselesaikan sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku, hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Lanjutan Untuk Pelajar dan Masyarakat Door to Door (DTD) oleh BIN, Serentak di 10 Provinsi

Perusakan masjid tempat Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Kalimantan Barat terjadi pada Jumat (3/9) siang. Sekelompok orang dengan menggunakan batu dan bambu merusak bangunan masjid tersebut.

Mahfud meminta agar semua pihak dapat mengedepankan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam penyelesaian persoalan ini. Ia juga menambahkan bahwa semua pihak juga harus bisa menahan diri berkaitan dengan perusakan masjid Ahmadiyah ini.

“Ini masalah sensitif, semuanya harus menahan diri. Kita hidup di negara kesatuan Republik Indonesia di mana hak-hak asasi manusia dilindungi oleh negara” kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/9).

baca juga: Respon Cepat Tanggap Relawan Sahabat Ganjar untuk Korban Kebakaran di Kemayoran

Mahfud menyebut, dia juga telah melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Kapolda dan Gubernur Kalimantan Barat. Dia meminta penjelasan rinci berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Mahfud juga meminta agar Gubernur bersama Kapolda bisa segera menangani kasus tersebut dengan baik dan sesuai hukum yang berlaku.

“Dan memperhatikan kedamaian dan kerukunan, juga memperhatikan perlindungan terhadap hak asasi manusia. Semuanya harus ikut aturan hukum” kata dia.

baca juga: Khasiat dan Manfaat Kumis Kucing Untuk Obat Berbagai Macam Penyakit Cara Mengolahnya

Kepada semua pihak, Mahfud mengingatkan pentingnya penghormatan terhadap HAM. Menurutnya, negara menjamin terhadap orang yang berusaha hidup dengan nyaman di daerah yang dia kehendaki.

“Ini yang harus dijaga, keamanan dan ketertiban dan perlindungan terhadap orang yang berusaha hidup dengan nyaman di daerah yang dikehendaki,” kata Mahfud.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *