by

Jalur Double Track Palur-Kedungbanteng Segera Beroperasi, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Gelar Apel Persiapan

Headline.co.id (Sukoharjo). Jalur ganda perlintasan kereta api Palur-Kedung Banteng akan segera beroperasi pada Selasa (5/3) esok. Jalur dengan panjang 34 kilometer ini melintasi enam stasiun yakni Stasiun Palur, Kemiri, Masaran, Sragen, Kebonromo, dan Kedungbanteng.

Jalur ganda ini kedepannya akan membawa banyak keuntungan bagi masyarakat, salah satunya dapat mengurai kepadatan lalu lintas KA, terutama KA Lokal Prambanan Express (Prameks). Seperti yang kita tahu, saat ini jumlah penumpang KA Prameks terus mengalami peningkatan. Eko Budiyanto selaku Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta menjelaskan bahwa di tahun 2018, jumlah penumpang meningkat hingga 8 persen.

Eko Purwanto selaku Executive Vice President Daop 6 menuturkan adanya double track ini memungkinkan adanya layanan rute lain atau memperpanjang jurusan tertentu.

“Double Track ini melewati enam stasiun, satu di antaranya Stasiun Palur yang dalam tahap penyelesaian. Penumpang KA Prameks tidak hanya mengakomodasi Solo Balapan dan Purwosari, tapi juga dari Karanganyar dan Sragen,” ucap Eko Purwanto.

Selain itu pengoperasian jalur ganda ini menggunakan sistem persinyalan baru yakni dari sistem mekanik menjadi elektrik. Hal ini tentu akan berdampak pada keselamatan yang semakin terjamin. Keuntungan lain dari jalur ini adalah waktu tempuh bisa semakin singkat karena persilangan dapat berkurang.

Persiapan Switch Over Jalur Double Track Palur-Kedungbanteng

Menjelang beroperasinya jalur ganda secara resmi, PT KAI Daop 6 menyelenggarakan apel persiapan switch over pada Senin (4/3). Bertempat di Stasiun Kemiri, apel yang berlangsung pada pukul 16.00 WIB dipimpin oleh Eko Luthvie Setiyanggono selaku Senior Manager PAM Daop 6. Selanjutnya Eko Purwanto bertindak sebagai Komandan Apel. Kegiatan ini dihadiri oleh EVP, DEVP dan jajaran Senior Manager Daop 6 Yogyakarta, Yunanda selaku Kasi Persinyalan Dirjenka, Arif Sudiyatmoko selaku PPK Staker Jateng, Usyadi selaku Plt Dirut PT Len Railway System serta Bambang selaku ketua Hikkapi dan kurang lebih 1.500 pekerja proyek.

Eko Purwanto mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi hingga selesainya proyek jalur ganda ini. “Sore ini kita akan melakukan pemeriksaan akhir guna persiapan switch over pengoperasian jalur ganda antara palur Kedung banteng nanti malam,” ucapnya.

Ia juga menekankan kepada semua peserta pihak untuk berkoordinasi dengan baik sesuai rencana.

“Saya berpesan kepada semua peserta tanpa terkecuali untuk menjaga keselamatan, baik keselamatan diri sendiri maupun keselamatan perjalanan kereta api,” tambahnya.

Eko juga berpesan untuk melakukan pengecekan ulang dan memastikan semua telah siap sehingga kegiatan switch over malam nanti dapat berjalan lancar sesuai yang direncanakan.

Kegiatan apel diakhiri dengan berdoa bersama. Doa ini dipanjatkan untuk keselamatan semua pekerja serta perjalanan kereta api dapat berjalan aman, lancar dan terkendali. “Semoga apa yang kita kerjakan semua berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan kita senantiasa diberi kesehatan serta perlindungan,” tutup Eko.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed