Hanya Selang Duna Menit Terjadi Gempa di Wilayah Sumatera dan Jawa

  • Whatsapp
Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi. (ist)

Headline.co.id (Jakarta) ~ BNPB memonitor dua gempa bumi terjadi berselang dua menit pada Kamis ini (30/4). Gempa tersebut terjadi di wilayah Sumatera dan Jawa.

Gempa pertama bermagnitudo 5,6 terjadi pada pukul 15.20 WIB. Gempa dengan kedalaman 10 km memiliki koordinat 24 km barat laut Padang Lawas, 33 km barat laut Mandailing Natal, 36 km tenggara Padang Sidempuan, di wilayah Sumatera Utara.

baca juga: Pemprov Banten Raih WTP Atas LKPD Tahun Anggaran 2019

Gempa ini dirasakan kuat masyarakat di Padang Lawas dan Padang Sidempuan. Warga sempat panik saat terjadi goncangan. Sedangkan di Mandailing Natal, warga merasakan getaran sedang. Pegawai BPBD Kabupaten Mandailing Natal sempat mengevakuasi diri keluar dari Gedung. BPBD di dua tempat tadi memantau kondisi lapangan pascagempa.

Berselang dua menit, gempa terjadi di wilayah Jawa pada pukul 15.22 WIB. Gempa bermagnitudo 5,0 ini berada di kedalaman 24 km.

baca juga: PT KAI Daop 5 Purwokerto Salurkan 700 Bantuan Sembako Gratis di Bulan Ramadan

Titik episenter gempa berada 48 km tenggara Kabupaten Sukabumi, 58 km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat, serta 71 km tenggara Bayah, Banten. Masyarakat di Kabupaten Sukabumi merasakan getaran berkekuatan sedang selama 1 hingga 2 detik.

BMKG merilis bahwa kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

baca juga: Update Virus Corona di Indonesia Kamis 30 April 2020: Tembus diatas 10 Ribu dan 1.522 Pasien Sembuh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *