Kemenkes Tunjuk RSUD Andi Makkasau Sebagai Tempat Tes Corona Menggunakan Mesin TCM

  • Whatsapp
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare. (Foto: Istimewa)
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare. (Foto: Istimewa)

HeadLine.co.id (Parepare) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare ditunjuk sebagai salah satu dari tiga tempat pemeriksaan virus Corona menggunakan mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) di Sulawesi Selatan.

Selain RSUD Andi Makkasau, rumah sakit lainnya yang juga ditunjuk adalah RSUP dr Wahidin Sudirohusodo dan RS Labuang Baji, Makassar.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Jokowi Minta Jajarannya Agar Mendistribusikan Bantuan Sosial dengan Tepat Sasaran

Taufan Pawe selaku Wali Kota Parepare menjelaskan Pemerintah Kota Parepare akan terus berkoordinasi dengan RS Andi Makkasau untuk mempersiapkan kebutuhan dalam melakukan metode TCM, mulai dari ketersediaan alat tes, Biosafety Cabinet, hingga kelengkapan lainnya.

Taufan menambahkan bahwa metode TCM ini bisa mendekteksi infeksi virus Corona dalam waktu 45 menit.

Baca juga: Kota Bogor akan Susul DKI Jakarta Terkait Pemberlakuan PSBB

“Semoga dalam waktu dekat telah dapat dilakukan pemeriksaan, sehingga tidak terjadi antrean panjang di beberapa laboratorium yang telah ditunjuk di Makassar,” ucapnya pada Rabu (8/4).

Kepala Instalasai Laboratorium RSUD Andi Makkasau, dr Aryanti menjelasakan bahwa pihaknya secara teknis sudah siap untuk menjalankan amanah dari Kemenkes. Pelaksanaan TCM di RSUD Andi Makkasau tinggal menunggu protokol Kemenkes.

Baca juga: Malam Nisfu Sya’ban 2020, Ini Niat Puasa dan Amalan Yang Dianjurkan

“Alatya sudah ada yang merupakan bantuan dari Kemenkes , termasuk Biosafety Cabinet , kita sudah punya, tenaga yang dilatih khusus kita ada 3 orang sisa menunggu protokoler dari Kemenkes seperti apa,“ ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *