Headline.co.id, Siak ~ Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Siak. Langkah ini dilakukan setelah adanya evaluasi dari Ombudsman Provinsi Riau yang menyoroti beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Evaluasi tersebut mencakup struktur organisasi MPP yang belum jelas, kapasitas layanan yang terbatas, serta sarana dan fasilitas pendukung yang perlu ditingkatkan.
Kepala Dinas DPMPTSP Siak, Suparni, menyatakan bahwa pihaknya saat ini fokus pada pembenahan manajemen layanan dan peningkatan sarana pendukung seperti Air Conditioner (AC) yang belum berfungsi optimal. “Ini pekerjaan rumah besar yang harus kami tuntaskan. Saat ini kami fokus membenahi manajemen layanan, kemudian sarana pendukung MPP seperti Air Conditioner (AC) yang belum berfungsi optimal mengingat kondisi cuaca yang panas,” ujar Suparni di Siak, Kamis (13/11/2025).
Selain itu, Ombudsman juga menyoroti rendahnya tingkat kunjungan masyarakat ke MPP. MPP diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai pusat layanan administrasi, tetapi juga sebagai ruang publik yang inklusif. Suparni menambahkan bahwa pihaknya berencana menjadikan MPP sebagai ruang interaksi sosial masyarakat dengan menyediakan ruang bermain anak dan gerai UMKM yang menjual kuliner khas Siak.
Sesuai arahan Bupati Siak Afni, DPMPTSP saat ini tengah mengirimkan surat kepada perangkat daerah dan instansi vertikal yang memiliki layanan publik agar dapat bergabung di MPP. “Kita ingin semua layanan publik di Siak terpusat di MPP. Kami sudah mulai menyurati perangkat daerah agar menggabungkan pelayanannya di MPP,” tegas Suparni.
Untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke MPP, DPMPTSP Siak juga akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Siak dalam mengembangkan inovasi layanan digital serta mempublikasikan kegiatan MPP melalui media sosial dan situs web resmi Pemkab Siak. “Kami akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Siak untuk mengembangkan inovasi layanan digital serta mempublikasikan kegiatan MPP melalui media sosial dan situs web resmi Pemkab Siak agar dapat diketahui masyarakat secara luas,” kata Suparni.



















