by

Alvara Research Center Tempatkan Erick Thohir Diurutan Pertama Dalam Survey Kepuasan Publik

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Alvara Research Center sebuah Lembaga Survey kembali mengeluarkan rilis 10 Menteri dengan kinerja memuaskan dalam 100 hari kerja dibawah kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin. Setelah sebelumnya, Alvara Research Center juga turut andil didalam memberikan penilaian elektabilitas Capres dan Cawapres sewaktu Pemilihan Presiden 2019 lalu.

Hasanuddin Ali selaku Chief Executive Officer Alvara Research Center menuturkan survei yang dinilai menggunakan skala 1 (sangat tidak puas sekali) sampai 6 (sangat puas sekali) untuk persepsi kinerja yang memuaskan publik.

Hasil survei publik mengatakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (skor 4,02), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (skor 3,95) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (skor 3,94) menjadi tiga menteri paling tinggi diapresiasi publik kinerjanya.

Baca Juga: Selain APD, Bandara Ngurah Rai sediakan 48 hand sanitizer Untuk Antisipasi Virus Corona

Dari 10 menteri tersebut, menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi berasal dari kalangan profesional non partai politik. “Tingkat kepuasan publik tertinggi sebagian besar diraih menteri dari kalangan profesional,” ujar Hasanuddin.

Survey data tingkat kepuasan publik
yang dilakukan oleh Alvara Research Center dikerjakan sepanjang Januari 2020. Hasil yang sama juga manaruh sektor pendidikan dengan tingkat kepuasan publik tertinggi.

Seperti yang tercatat pada Riset Alvara bahwa Nadiem Makarim mendapat apresiasi tinggi terhadap survey kepuasan publik pada sektor pendidikan. Tingkat kepuasan publik terhadap pendidikan mencapai 84,4 persen, kedua tertinggi setelah transportasi publik sebesar 84,8 persen.

Baca Juga: PT Pelni Terapkan Aturan Penjualan Tiket One Man One Seat

Hasanuddin mengatakan dalam paparannya salah satu kebijakan Mendikbud yang diapresiasi publik yakni rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) pada 2021.

Jangka waktu survei kepuasan publik terhadap kinerja menteri dilakukan akhir Januari hingga awal Februari dengan 1.000 responden dan margin error 3,16 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun data diperoleh melalui wawancara tatap muka yang dilakukan dengan multistage random sampling di 13 provinsi Indonesia.

Berikut Daftar 10 Menteri dengan presepsi kinerja yang memuaskan publik, menurut Alvara Research Center :

1. Menteri BUMN Erick Thohir (4,02)
2. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (3,95)
3. Menteri Keuangan Sri Mulyani (3,94)
4. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (3,91)
5. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (3,88)
6. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (3,88).
7. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (3,86)
8. Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro (3,85)
9. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (3,85)
10. Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (3,84).

Comment

News Feed