Kredit Konsumer Jadi Mesin Pertumbuhan BNI, Dipimpin Payroll Loan dan KPR
Tangerang, headline.co.id – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengandalkan kredit konsumer sebagai pilar pertumbuhan pembiayaannya. Hal ini ditopang oleh pertumbuhan yang konsisten sebesar 12% secara tahunan sejak 2020, melampaui rata-rata industri yang hanya 8%.
Hingga semester pertama 2024, segmen konsumer BNI membukukan pertumbuhan 15,1% secara tahunan. Pertumbuhan tersebut didorong oleh produk payroll loan dan kredit pemilikan rumah (KPR) yang masing-masing tumbuh 17% dan 12,6%.
“BNI memiliki posisi yang kokoh di industri untuk produk-produk utama seperti KPR, personal loan, dan kartu kredit. Kami berada di posisi Top-3 dan Top-4,” ungkap Direktur Retail Banking BNI, Corina Leyla Karnalies, dalam paparan kinerja kuartal II-2024, Kamis (22/8/2024).
Corina menjelaskan, salah satu kunci pertumbuhan bisnis di segmen konsumer adalah sinergi dengan ekosistem nasabah korporasi serta kemitraan dengan pengembang terkemuka di Indonesia.
Pertumbuhan BNI di segmen KPR terlihat dari peningkatan rata-rata nilai KPR per debitur yang mencapai Rp782 juta per Juni 2024, atau 1,5 kali lipat dari Rp558 juta pada 2020.
“Peningkatan ini menunjukkan pergeseran segmen nasabah KPR BNI ke segmen yang lebih tinggi dengan kapasitas kredit dan kemampuan pembayaran yang lebih baik,” kata Corina.
Pergeseran profil nasabah juga terjadi pada payroll loan, di mana hampir seluruh nasabah berstatus fixed income earners. Para nasabah ini berasal dari institusi pemerintah dan perusahaan swasta yang merupakan nasabah segmen korporasi BNI.
Untuk memperkuat proposisi bisnis konsumernya, BNI menyelenggarakan BNI Expo pada 2-4 Agustus 2024 di ICE BSD, Tangerang. “Acara ini menarik minat lebih dari 71 ribu pengunjung, dengan nilai transaksi total mencapai lebih dari Rp1,5 triliun,” ujar Corina.
BNI Expo 2024 melibatkan 22 pengembang terkemuka, 24 merek otomotif ternama, 14 agen perjalanan, lima maskapai penerbangan, dan 70 pengecer. Acara ini juga menampilkan berbagai promo produk konsumer, solusi keuangan, dan layanan digital BNI.
“Keberhasilan BNI Expo 2024 memperkuat posisi BNI di perbankan ritel. Ke depan, kami akan terus menghadirkan acara-acara seperti ini untuk mendorong pertumbuhan pasar,” pungkas Corina.
sumber: https://www.cnbcindonesia.com/market/20240822182251-17-565639/kredit-konsumer-bni-ngebut-jadi-pilar-pertumbuhan-bisnis.




















