4 Tips Mengelola Customer Untuk Pengguna WhatsApp Business ~ Headline.co.id (Info Teknologi). Sudah bukan zamannya menelepon call center untuk mendapatkan informasi dan solusi. Kebanyakan orang di Indonesia sekarang lebih suka menghubungi layanan pelanggan secara online, terutama melalui WhatsApp, meskipun hanya berbincang dengan chatbot sekalipun.
Baca juga: Mengenal Lebih Dalam SEO: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerja
Sebagai pelaku bisnis, tentunya memastikan bahwa pelanggan dapat menghubungi bisnis Anda dari berbagai kanal informasi merupakan prioritas. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa menggunakan WhatsApp Business untuk mengelola pelanggan bukanlah tantangan yang mudah.
Beberapa tips di bawah ini diperuntukan untuk Anda yang kewalahan dalam menangani berbagai permintaan pelanggan via WhatsApp. Berikut beberapa solusi yang bisa Anda langsung implementasikan:
1. Gunakan Label untuk Mengorganisasikan Chat
Sedang musim sibuk dan terlalu banyak pesan masuk? Pastikan Anda sudah memanfaatkan penuh fitur-fitur bawaan dari WhatsApp Business, termasuk Label. Label adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengorganisir dan mengelompokkan percakapan atau pesan dengan pelanggan berdasarkan kategori tertentu. Anda dapat mengelompokkan pesan berdasarkan status atau kategori, seperti “Pelanggan Baru”, “Pembayaran”, “Order Selesai”, atau “Perlu Tindakan Lanjut”.
Baca juga: Spesifikasi dan Harga Bekas Samsung Galaxy S21 Ultra 5G 128 GB
Untuk membuat label, buka tab “Chats”, lalu ketuk opsi lebih banyak (titik tiga) dan pilih Labels. Ketuk “Tambah”, masukkan nama label, kemudian ketuk OK. Perlu dicatat bahwa batas maksimal jumlah label yang Anda dapat membuat adalah 20 label.
Untuk menerapkan label pada chat, ketuk dan tahan chat yang ingin diberi label, lalu pilih label yang diinginkan dan ketuk “Simpan”. Untuk menerapkan label pada pesan, ketuk dan tahan pesan tersebut, pilih opsi lebih banyak, lalu label pesan. Pilih label yang diinginkan dan ketuk “Simpan”.
2. Manfaatkan Pesan Otomatis
Sudahkan Anda mengaktifkan fitur pesan otomatis bawaan dari WhatsApp Business? Meskipun fitur ini mungkin sederhana dibandingkan dengan solusi chatbot yang lebih canggih, memanfaatkan pesan otomatis dapat memberikan banyak manfaat bagi pengelolaan bisnis Anda.
Baca juga: Ini Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S24 FE Yang Akan Dirilis Dalam Waktu Dekat
Pesan otomatis WhatsApp memungkinkan Anda untuk merespons pelanggan secara instan dan efisien, bahkan ketika Anda tidak dapat membalas pesan secara langsung. Fitur ini dapat diatur untuk mengirim pesan sambutan kepada pelanggan baru dan memberitahu mereka tentang jam operasional atau informasi penting lainnya.
Untuk mengatur pesan sambutan di WhatsApp Business, buka aplikasi dan ketuk opsi lebih banyak. Pilih “Alat Bisnis” dan kemudian “Pesan Sambutan”. Aktifkan opsi “Kirim pesan sambutan” dan ketuk “Pesan Sambutan” untuk mengedit pesan sambutan Anda, lalu ketuk OK.
Selanjutnya, pilih “Penerima” dan pilih salah satu dari opsi berikut: “Semua” untuk mengirim kepada semua yang mengirim pesan kepada Anda, “Semua yang tidak ada di buku alamat” untuk pelanggan yang belum ada di buku alamat Anda, “Semua kecuali…” untuk semua kecuali yang Anda pilih, atau “Hanya kirim ke…” untuk hanya pelanggan yang Anda pilih. Terakhir, ketuk “Simpan”.
Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Membeli Freezer?
3. Gunakan Status untuk Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan
Fitur status di WhatsApp Business dan WhatsApp personal kurang lebih sama; yang berbeda adalah bagaimana Anda bisa memanfaatkannya. Fitur status di WhatsApp Business dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan pelanggan secara langsung. Jika diimplementasikan secara efektif, Anda dapat secara teratur menginformasikan pelanggan tentang berbagai hal terkait layanan Anda.
Pertama, Anda dapat menggunakan status untuk mempromosikan produk baru atau layanan tambahan yang Anda tawarkan. Dengan mengunggah gambar atau video menarik, Anda bisa menarik perhatian pelanggan dan menggugah minat mereka untuk mengeksplorasi lebih lanjut.
Baca juga: Review: Polytron Partymax Speaker Bluetooth Portable Wireless PPS 4PH12
Kedua, Anda bisa memanfaatkan fitur status untuk memberitahu pelanggan tentang perubahan penting dalam bisnis Anda. Hal ini termasuk pengaturan baru dalam jam operasional, penyesuaian kebijakan layanan, atau informasi tentang lokasi baru yang dibuka.
4. Gunakan Template Pesan untuk Pertanyaan Umum
WhatsApp Business API menawarkan beberapa fitur ekstra yang bisa digunakan oleh para pengguna WhatsApp Business, termasuk salah satunya adalah pesan template. Berbeda dengan pesan WhatsApp pada biasanya, pesan template adalah satu-satunya jenis pesan yang dapat dikirim ke pelanggan yang belum mengirim pesan kepada Anda atau yang tidak mengirim pesan dalam 24 jam terakhir.
Baca juga: Cara Mudah dan Praktis Buka Blokir BRImo cukup dari Ponsel Tanpa ke Bank
Pesan template tidak bisa semerta-merta langsung digunakan setelah dibuat; Anda harus mengirimnya terlebih dahulu ke pihak WhatsApp untuk disetujui. Cara paling umum adalah dengan mengajukan pesan template via WhatsApp Business API. Namun, jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan WhatsApp Business API, tak perlu khawatir, Anda juga bisa mengajukannya secara manual melalui WhatsApp Manager.
Setelah pembuatan, template dapat diajukan untuk persetujuan, yang bisa memakan waktu hingga 24 jam untuk diproses. Setelah diputuskan, pemberitahuan akan muncul di WhatsApp Manager dan email akan dikirimkan kepada Anda.
Terimakasih telah membaca 4 Tips Mengelola Customer Untuk Pengguna WhatsApp Business semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.
Baca juga: Transformasi Transaksi Keuangan: Memahami Perbedaan E-Money dan E-Wallet















