Menteri BUMN Berhentikan Dirut Garuda Indonesia, Terbukti Selundupkan Harley Davidson

  • Whatsapp
Menteri BUMN Erick-Thohir tengah diwawancarai awak media. (Sumber: Setpres)

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memberhentikan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Ari Ashkara, karena terbukti telah melakukan penyelundupan komponen Harley-Davidson.

“Saya sebagai Menteri BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda,” kata Erick, pada Kamis (5/12).

Keputusan pemberhentian Ari usai mempertimbangkan hasil pemeriksaan dari Komite Audit.

Bacaan Lainnya

Komite Audit menyatakan bahwa pembelian komponen Harley-Davidson yang terdapat di dalam pesawat adalah pesanan Ari. Ia menyuruh pegawainya untuk dicarikan komponen Harley Davidson sejak 2018 lalu.

Kemudian transaksi pembelian dilakukan pada April 2019. Transaksi dilakukan lewat rekening pribadi bagian keuangan Garuda di Amsterdam.

Komponen motor tersebut kemudian dibawa ke Indonesia pada 17 November 2019 melalui pesawat Airbus A330-900 dengan atas nama pegawai Garuda yang berinisial SAS.

“Tidak tahu secepat apa (prosesnya), tapi langsung menunjuk pelaksana tugas (Plt). Individu yang terlibat mengundurkan diri daripada pencopotan tidak hormat. Itu hukum yang tidak enak dalam bermasyarakat,” ungkap Erick.

Seperti yang di kabarkan sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyatakan telah memeriksa impor komponen motor Harley Davidson bekas serta dua buah Sepeda Brompton. Kedua barang tersebut diduga dikirim secara ilegal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *