Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

Tragedi Longsor di Desa Ngablak, Magelang: Satu Tewas, Satu Luka Berat

4327
×

Tragedi Longsor di Desa Ngablak, Magelang: Satu Tewas, Satu Luka Berat

Sebarkan artikel ini
Warga saat mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan talut longsor di Ngablak, Kabupaten Magelang
Warga saat mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan talut longsor di Ngablak, Kabupaten Magelang

Headline.co.id (Magelang, 2 Desember 2023) ~ Sebuah talut setinggi 12 meter di Desa Ngablak, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, mengalami longsor pada Jumat (1/12) siang, menimbulkan korban jiwa dan luka berat. Peristiwa tragis ini terjadi ketika dua pekerja di toko tanaman hias milik Yudo tengah berada di dekatnya.

Baca juga: Komisi VIII DPR RI Tinjau Kesiapan Kemenag Kota Depok Menghadapi Musim Haji 1445H/2024M

Kedua korban adalah Ridho, seorang pria berusia 25 tahun warga Desa Klopo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, yang tewas tertimbun reruntuhan material talut. Sedangkan Mahfud, 25, warga Dusun Palar, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, mengalami luka berat dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Magelang menyebutkan bahwa talut yang longsor terletak di samping rumah Pujianto. Sebelum longsor, kawasan tersebut diguyur hujan deras sejak pukul 13.00. Diduga, talut setinggi 12 meter itu tidak mampu menahan tekanan air, sehingga longsor dan menimpa gazebo serta dua pekerja toko tanaman hias.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

“Saya melihat sendiri, mungkin karena tidak bisa menahan air, talut itu longsor hingga menimpa gazebo dan dua pekerja toko tanaman hias,” ujar seorang saksi mata di lokasi kejadian.

Kejadian ini menyulut kepanikan di kalangan warga sekitar. Mereka segera melaporkan kejadian tersebut kepada perangkat desa, yang selanjutnya dilaporkan ke polisi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang. Petugas gabungan BPBD, TNI, Polri, dan warga datang ke lokasi untuk mengevakuasi kedua korban yang tertimbun.

Baca juga: Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

BPBD juga menurunkan alat berat untuk membantu menggali material yang menimbun korban. Kedua korban berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Ridho yang tewas dibawa ke Puskesmas Getasan, sementara Mahfud yang mengalami luka berat dilarikan ke RSUD Salatiga.

Hingga tadi malam, penyebab pasti dari longsor talut setinggi 12 meter tersebut masih dalam penyelidikan oleh petugas. Pihak berwenang berupaya mengumpulkan informasi lebih lanjut untuk memahami akar penyebab tragedi ini dan mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Terimakasih telah membaca Tragedi Longsor di Desa Ngablak, Magelang: Satu Tewas, Satu Luka Berat semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kendaraan di Libur Nataru, Dishub DIY Berikan Tips Menghindari Kemacetan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *