Apakah Olahraga Bisa Meninggikan Badan?, Ini Faktanya

  • Whatsapp
Inilah Olahraga yang dapat meninggikan badan
Inilah Olahraga yang dapat meninggikan badan. (Freepik)

Apakah Olahraga Bisa Meninggikan Badan?, Ini Faktanya ~ Headline.co.id (Kesehatan). Postur tubuh yang ideal selalu diidam-idamkan oleh banyak orang. Salah satu pemicunya, adalah tinggi badan. Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Olahraga termasuk salah satu di antaranya.

baca juga: Jokowi Apresiasi Kemajuan Kerja Sama Pertahanan Antara Indonesia dengan Prancis

Lalu, Apakah Benar jika olahraga tertentu seperti basket dan renang bisa menambah tinggi badan?

Pada dasarnya, tinggi badan masih bisa bertampah ketika seseorang masih dalam masa pertumbuhan. Nutrisi turut berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang dan tinggi badan, dan selebihnya faktor genetik paling banyak menentukan.

Bagaimana dengan olahraga? Banyak yang meyakini, olahraga tertentu seperti basket dan lompat tali, atau bahkan renang, bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan.

Faktanya, olahraga apapun bisa memberikan efek serupa.

Baca juga: Kwarda DIY Kenalkan Pewarta Istimewa pada Lokakarya Kehumasan Pramuka 2021

“Prinsipnya yang penting bergerak ya. Adanya pembebanan atau tarikan-tarikan otot terhadap tulang itulah yang akan merangsang pertumbuhan tulang,” kata dr praktisi kebugaran dari Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) RS Mayapada, dr Grace Joselini Corlesa,MMRS,SpKO, dikutip dari laman detikHealth, detik.com.

“Berenang, basket, itu kan ada gerakan otot yang banyak, sehingga menarik tulang,” jelasnya kepada detikcom.

Jenis olahraga yang tidak terlalu memberikan manfaat pada tinggi badan, menurut dr Grace adalah olahraga yang sedikit melibatkan gerakan otot. Misalnya, e-sport.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *