Tips Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Asam Lambung Naik
Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Tips Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik ~ Headline.co.id. Pertolongan pertama saat asam lambung naik bisa dilakukan di rumah. Jika asam lambung naik, pertolongan pertama bisa dilakukan di rumah. Ada berbagai macam cara seperti mengonsumsi jahe, mengonsumsi campuran soda kue dengan air dan lain-lain. Pertolongan pertama asam lambung yang bisa dicoba di rumah sangat beragam.

Caranya tidak terbatas hanya dengan berdiri tegak untuk bisa mencegah Asam Lambung Naik kedalam kerongkongan, tetapi Anda juga bisa mengonsumsi Oriflakes Gastro untuk menetralkan asam lambung. Selain itu, ada banyak langkah yang bisa dicoba di rumah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Gejala Asam Lambung Naik

Sebelum menjalani pengobatan Apa saja gejala asam lambung? Berikut ini adalah beberapa gejala asam lambung naik  yang perlu Anda ketahui:

  • Perut kembung
  • Mual dan muntah
  • Kesulitan menelan
  • Sulit bernafas
  • Aroma yang tidak enak
  • Muncul benjolan di leher

Apa yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik?

Bagi setiap orang yang telah merasakan naiknya asam lambung pasti juga pernah mengalami sebuah ketidaknyamanan yang ditimbulkannya. Tidak hanya nyeri dan sesak di dada, maka naiknya asam lambung juga bisa menyebabkan sensasi terbakar yang terjadi di dada atau solar plexus. 

Termasuk kesulitan menelan, hingga sensasi seperti benjolan di tenggorokan. Kondisi ini pasti sangat mengganggu. Untuk mengatasi berbagai gejala asam lambung yang sangat merugikan, ada beberapa cara mengatasi asam lambung yang bisa dicoba di rumah, seperti berikut ini:

Berdiri Tegak

Naiknya asam lambung secara mendadak juga bisa disebabkan oleh postur tubuh. Jika asam lambung naik saat Anda berbaring atau duduk, cobalah berdiri. Jika Anda sudah berdiri dan gejala refluks asam terus berlanjut, cobalah berdiri lebih tegak. Pertolongan yang paling penting pada asam lambung yang satu ini sangat efektif untuk mengurangi tekanan pada otot kerongkongan bagian bawah sehingga bisa menolong Anda dari beberapa gejala asam lambung yang sangat mengganggu.

Meninggikan Posisi Bantal

Refluks asam dapat terjadi ketika berbaring di tempat tidur. Jika Anda mengalami kondisi ini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan meninggikan posisi bantal. Namun, meninggikan posisi bantal saja dinilai tidak cukup. Anda harus meninggikan posisi pinggang serta kepala Anda. Ini bisa dilakukan dengan mengatur posisi kasur atau menyangga tubuh bagian atas dengan meletakkan bantal di bawahnya.

Mengonsumsi Campuran Soda Kue dengan Air

Cara mengatasi serangan asam lambung selanjutnya adalah dengan meminum campuran air dan soda kue. Sebab, baking soda dipercaya bisa menetralkan asam lambung. Campurkan satu sendok teh baking soda ke dalam satu gelas air, dan minum perlahan. Jika Anda meminumnya dengan tergesa-gesa, asam lambung malah berisiko bertambah parah.

Apa Saja Tips Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik?

Mengkonsumsi Umbi Garut

Kandungan sari pati pada umbi garut ternyata bisa meningkatkan kadar pH lambung sehingga bisa menurunkan jumlah dan luka pada lambung. Umbi garut bisa dijadikan sebagai makanan prebiotik yang di dalamnya mengandung pati resisten yang berfungsi mengatasi asam lambung naik. 

Pati resisten ini yang masuk ke dalam usus besar akan difermentasikan menjadi prebiotik baik yang bisa melawan bakteri jahat. Dengan begitu usus akan bebas dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan beragam penyakit pencernaan. Selain bisa menetralisir asam lambung naik, umbi garut juga bisa mengurangi sakit maag yang kronis serta diare.

Namun sayangnya, untuk mengolah umbi garut bukanlah hal yang mudah. Karena prosesnya yang memakan waktu lama seperti harus digiling dan dibuat bubur. Tapi tidak perlu khawatir karena sekarang ada Oriflakes Gastro, yaitu sereal instan yang terbuat dari umbi garut yang sudah diolah untuk mengatasi masalah asam lambung naik, maag, gerd dan masalah lainnya.

Cara konsumsinya cukup mudah yaitu tinggal di seduh dengan air panas, lalu diaduk dan siap dinikmati. Anda juga tidak perlu khawatir dengan rasanya karena tersedia berbagai pilihan rasa seperti Vanilla, Jahe dan Coklat yag dapat Anda nikmati sesuai selera.

Mengonsumsi Teh Jahe

Selama berabad-abad, jahe telah menjadi bumbu yang sering digunakan untuk mengobati serangan asam lambung. Cobalah untuk meminum teh jahe hangat saat asam lambung naik mulai naik. Karena hal yang satu ini dinilai bisa membantu dalam mengatasi gejala asam lambung yang sangat mengganggu.

Mengonsumsi Akar Manis

Sama seperti halnya jahe, bahan seperti akar manis juga merupakan rempah-rempah yang sangat dipercaya ampuh untuk mengobati serangan asam lambung. Sebab, akar manis juga dianggap dapat meningkatkan lapisan mukosa di dalam kerongkongan, sehingga melindungi kerongkongan dari berbagi kerusakan akibat asam lambung. Namun Anda juga harus hati-hati. 

Karena terlalu banyak mengonsumsi akar manis atau suplemennya akan dapat meningkatkan tekanan darah, menurunkan kadar kalium, dan juga mengganggu pengobatan. 

Mengonsumsi cuka apel Cuka apel dipercaya dapat memecah asam lambung

Menurut sebuah penelitian, minum cuka apel yang dicampur dengan air setelah makan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala refluks asam. Namun, penelitian diperlukan untuk membuktikan efektivitas pertolongan pertama pada asidosis lambung untuk mencegah asam lambung naik.

Untuk bisa mencegah hal yang tidak diinginkan seperti naiknya asam lambung, maka hindarilah mengonsumsi makanan yang bisa jadi pemicunya. Jenis makanan yang bisa jadi pemicunya adalah beberapa makanan berminyak seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan berlemak, hingga makanan olahan. Itulah ulasan tentang tips pertolongan pertama saat Asam Lambung Naik. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *