Inilah Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Cepat Tanpa Perlu ke Dokter

  • Whatsapp
Bagaimana cara membersihkan karang gigi sendiri
Ilustrasi Membersihkan Karang Gigi

Inilah Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Cepat Tanpa Perlu ke Dokter ~ Headline.co.id (Kesehatan).  Karang gigi merupakan plak yang menumpuk pada gigi akibat tidak teraturnya kita dalam membersihkan gigi kita.

Karang gigi atau plak yang mengeras itu sendiri bisa membuat sejumlah masalah yang bisa membuat penampilan kita kurang nyaman saat berada di antara orang-orang. Mulai dari menimbulkan bau mulut, gigi keropos hingga sakit gigi akibat dari berkembang biaknya bakteri pada gigi.

Read More

baca juga: Hati-Hati! Karang Gigi Bisa Sebabkan Dampak Buruk Bagi Kesehatan, Apa saja?

Kalau tak dibersihkan, lama-kelamaan karang gigi menumpuk di gigi atas dan di bawah gusi. Dalam kondisi seperti ini kita bisa membersihkan karang gigi sendiri di rumah.

baca juga: Ternyata Ini Fungsi Kotoran Telinga dan Cara Membersihkannya

Bagaimana Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Cepat Tanpa Perlu ke Dokter?

Berikut ini adalah cara mudah menghilangkan karang gigi yang bisa kamu lakukan dirumah tanpa harus perlu ke dokter:

1. Rajin Sikat Gigi Selama 2 Menit

Banyak orang yang menyikat gigi dengan cara terburu-buru. Padahal, untuk memaksimalkan efektifitas dari sikat gigi minimal kita harus menggosok gigi selama dua menit dengan menggunakan sikat gigi yang nyaman dan bulu halus.

Upayakan seluruh bagian gigi kita gosok dengan baik. Sehingga tidak ada plak atau sisa makanan yang tertinggal.

2. Pilih Pasta Gigi Fluoride

Fluoride akan membantu memperbaiki kerusakan email atau lapisan luar gigi. Beberapa produk memiliki zat yang disebut triclosan yang melawan bakteri dalam plak.

3. Benang Khusus Gigi

Menggunakan benang khusus gigi untuk mengeluarkan tartar dari sela-sela gigi masih cukup efektif. Karena biasanya tartar ini tidak terjangkau oleh sikat gigi biasa. Tartar adalah karang gigi yang mengeras diatara sela-sela gigi.

4. Gunakan Baking Soda/Soda Kue

Cara mudah menghilangkan karang gigi berikutnya adalah menggunakan Baking soda atau soda kue. Soda kue efektif menghilangkan plak karena bersifat sebagai pembersih alami.

Peneliti Trusted Source telah menemukan bahwa orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung soda kue menghapus lebih banyak plak dan memiliki lebih sedikit plak yang tumbuh kembali selama 24 jam dibandingkan orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang tidak mengandung soda kue.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih cenderung memiliki karang gigi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *