by

Buron 2 Tahun, Penyerobot Lahan PT KAI Anis Alwainy Ditangkap.

HeadLine.co.id. (Jakarta) – Buronan Korupsi Kejaksaan Negeri Jakarta Barat atas kasus penyerobotan lahan PT KAI (Persero), Anis Alwainy (68), akhirnya ditangkap. Setelah berhasil buron selama dua tahun.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Patris Yusrian Jaya mengungkapkan, Anis Alwainy ditangkap di salah satu rumah di kawasan Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (8/2/2019) lalu. “Beliau diamankan tanpa perlawanan” ujar Patris saat dikonfirmasi, Minggu (10/2/2019).

Sewaktu menjabat Direktur PT Dwiputra Metropolitan, Anis mengambil alih lahan PT KAI (Persero) secara sepihak di Jalan Kemukus Nomor 6-9, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat seluas 62.218 meter per segi. Hal ini Menyebabkan negara merugi hingga Rp 39.000.723.165.

Atas perbuatannya tersebut Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan vonis kepada Anis 7 tahun penjara dan denda Rp 500 juta dengan membayar uang ganti rugi sebesar Rp 39,72 miliar.

Ia dianggap telah melanggar pasal 2 Ayat 1 UU 31/1999‎ tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Saat Jaksa akan menjemputnya, Anis melarikan diri. Pencegahan ke luar negeri dan menerbitkan DPO sudah dilakukan Kejari Jakbar.

Selain itu, kasus penyerobotan lahan ini juga menjerat pihak lain yakni Lukman Hakim Kartasasmita selaku Kepala Kantor Pertanahan Kotamadya Jakarta Barat, dan Robet Jeffrey Lumempouw selaku Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi DKI Jakarta, serta lima pegawai BPN lainnya. 

Saat ini Anis Alwainy akan segera dikirim ke Lapas Cipinang untuk menjalani masa hukumannya. “Saat ini masih dilakukan pemeriksaan identitas dan juga kesehatan dan akan segera dieksekusi ke Lapas Cipinang,” ujar Patris

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed