Headline.co.id: Media Ramah Lingkungan, PLN Dorong Penggunaan Energi Bersih
Jakarta – PT PLN (Persero) menggandeng perusahaan media, Kumparan, dalam mempromosikan penggunaan energi bersih melalui layanan Renewable Energy Certificate (REC). Kolaborasi perdana ini diluncurkan pada Rabu (21/8) bertepatan dengan soft launching Green Initiative.
REC adalah produk hijau PLN yang memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan pengakuan atas penggunaan energi baru terbarukan (EBT) secara transparan dan akuntabel. Setiap sertifikat REC membenarkan bahwa listrik yang digunakan oleh pelanggan berasal dari pembangkit EBT.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan REC bertujuan mendorong penggunaan energi bersih di berbagai sektor industri, termasuk media massa. “REC memperkuat posisi PLN dalam mendukung daya saing industri nasional dengan memberikan opsi energi yang ramah lingkungan,” kata Darmawan.
PLN UID Jakarta Raya, Lasiran, mengatakan Kumparan telah membeli 393 unit REC sistem unbundling yang berasal dari PLTA Cirata. Pembelian ini menunjukkan tingginya minat pelanggan terhadap REC PLN. Sejak Januari 2024, tercatat 160 pelanggan di Jakarta dan sekitarnya yang telah membeli REC dengan total 286.828 MWh.
Founder & CEO Kumparan, Hugo Diba, menegaskan komitmen perusahaannya terhadap energi bersih. “Pembelian REC dari PLN menjadi langkah nyata menuju operasional yang lebih ramah lingkungan. Kami berterima kasih atas dukungan PLN yang telah menjadikan Kumparan sebagai perusahaan dengan energi hijau,” ujar Diba.
Melalui REC, PLN mendorong perusahaan-perusahaan untuk berperan aktif dalam mendukung penggunaan energi berkelanjutan. Kolaborasi dengan Kumparan ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata pemanfaatan energi bersih di sektor media massa, yang pada akhirnya berkontribusi pada aksi nyata pelestarian lingkungan hidup di Indonesia.
sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240824152518-4-566088/manfaatkan-energi-bersih-perusahaan-media-mulai-gunakan-rec-pln.




















