Korban Kebakaran di Tebet Terima Bantuan Air Bersih dan Layanan Kesehatan
Headline.co.id, Jakarta – Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) sigap memberikan bantuan air bersih dan layanan kesehatan bagi korban kebakaran di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.
“Kami mengerahkan layanan toilet dan air bersih 24 jam,” ungkap Kepala Sudin LH Jakarta Selatan Mohamad Amin, Selasa (28/2/2023).
Fasilitas ini meliputi tiga unit mobil toilet portabel, satu mobil air bersih, serta sepuluh petugas untuk memenuhi kebutuhan dasar warga di lokasi pengungsian. Amin berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban korban dalam memperoleh akses sanitasi.
Selain air bersih, Sudin Kesehatan Jakarta Selatan juga mengoperasikan tiga posko layanan medis di RW 06 dan RW 12 Kelurahan Manggarai.
“Posko didirikan di area Stasiun Manggarai, bengkel KAI, dan SDN 05 Manggarai,” terang Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Selatan, Yudi Dimyati.
Layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan, dan penanganan trauma (trauma healing), khususnya bagi anak-anak. Setiap posko beroperasi 24 jam dengan mekanisme pembagian tugas tiga sif per hari, melibatkan dua tenaga kesehatan.
“Semua layanan ini gratis. Kami juga memeriksa kandungan makanan katering untuk memastikan keamanan bagi penyintas,” tambah Yudi.
Bantuan kesehatan tersebut akan terus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan. “Tujuannya menjaga kesehatan jasmani, rohani, dan mental penyintas kebakaran,” pungkas Yudi.
sumber: https://www.antaranews.com/berita/4258139/air-dan-layanan-kesehatan-korban-kebakaran-manggarai-terjamin.



















