by

Ruang Baru Arsip Seni Indonesia

-Humaniora-131 views

HeadLine.co.id, Jakarta – Sebuah Hasil karya seniman Indonesia wajib diperhitungkan. Sayangnya belum banyak hasil karya yang diarsipkan dengan baik sehingga banyak yang rusak, hilang hingga tak terdata. 

Dari permasalahan ini muncullah Indonesia Visual Art Archive (IVAA) yang bergerak untuk mengarsipkan karya seni pertunjukan dan seni rupa asli Indonesia ke dalam bentuk digitalisasi.

Tak hanya sampai disitu saja, IVAA yang terletak di Keparakan, Mergangsan, Yogyakarta ini juga selalu memberi ruang untuk diskusi terkait karya seni. IVAA ingin membuka ruang interpretasi dan kelas baru mengenai sebuah karya seni.

Selain IVAA ada juga IDFilm Center, yang merupakan sebuah yayasan restorasi dan preservasi visual atau film. Tujuan berdirinya IDFilm Center ini untuk menyelamatkan dan menyimpan karya seni visual Ibu Pertiwi.

IDFilm Center juga bekerja melestarikan film Indonesia dengan berbagai macam cara sesuai perkembangan zaman, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh publik. Sudah banyak film yang direstorasi IDFilm Center, mulai dari drama hingga dokumenter.

Kedua Organisasi ini memiliki tujuan yang sangat baik untuk memajukan karya seni asli Indonesia agar nantinya bisa dinikmati semua kalangan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed