Headline.co.id (Jakarta) — PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS), anak perusahaan Garuda Indonesia Group, menegaskan langkah transformasinya menjadi penyedia layanan Business Process Outsourcing (BPO) berbasis Service Level Agreement (SLA). Transformasi ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi biaya dan kualitas layanan pelanggan di tengah ketatnya persaingan global.
Meski tergolong muda, GDPS menunjukkan kemampuan adaptif dalam menghadapi dinamika industri BPO nasional. Perusahaan kini tidak hanya menyediakan tenaga kerja, tetapi juga mengelola proses bisnis pendukung agar pelanggan dapat lebih fokus pada kegiatan inti mereka.
“Transformasi menuju penyedia dukungan bisnis proses berbasis SLA sudah kami implementasikan di beberapa customer di grup. Pendekatan ini mendorong adanya efisiensi biaya sekaligus peningkatan kualitas layanan, karena yang sebelumnya dihitung per individu kini diukur berdasarkan outcome yang lebih jelas berbasis perhitungan SLA,” ujar Direktur Utama PT GDPS Cornelis Radjawane dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (11/10/2025).
Langkah strategis ini menandai perubahan besar dalam model bisnis GDPS yang kini lebih menitikberatkan pada hasil (outcome-based service) dibandingkan sistem konvensional berbasis jumlah tenaga kerja. Melalui pendekatan tersebut, pelanggan mendapatkan transparansi dan kejelasan ukuran kinerja yang lebih terukur.
Selain memperkuat model bisnis, GDPS juga mempercepat digitalisasi dalam setiap lini layanan. Perusahaan menghadirkan inovasi digital seperti sistem monitoring penjualan real-time dan aplikasi Beyond Care — sebuah platform manajemen tenaga kerja berbasis web dan mobile. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan memantau aktivitas kerja, mengelola lembur, cuti, hingga clock-in/clock-out karyawan secara efisien.
“Digitalisasi merupakan langkah GDPS untuk menyambut perkembangan teknologi di tengah ketatnya persaingan bisnis. Melalui hal ini, kami memiliki keunggulan kompetitif yang dapat memberikan added value bagi customer dalam menjalankan bisnisnya menjadi lebih efisien,” tambah Cornelis.
Kehadiran Beyond Care menjadi bukti komitmen GDPS dalam menghadirkan solusi digital yang adaptif dan sesuai kebutuhan pelanggan di berbagai sektor. Inovasi ini sekaligus menegaskan kesiapan GDPS untuk menjadi mitra strategis dalam mendukung efisiensi dan transformasi digital dunia usaha.
Dengan fondasi transformasi berbasis SLA dan penguatan digitalisasi, GDPS optimistis mampu memperluas kontribusinya terhadap peningkatan kinerja bisnis nasional. Ke depan, perusahaan berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi tenaga alih daya dan menghadirkan layanan outsourcing yang unggul, terukur, dan berstandar global.
“Kami akan terus berkomitmen meningkatkan layanan melalui digitalisasi dan pengembangan kompetensi tenaga kerja. Dengan begitu, GDPS siap menjadi mitra strategis yang dapat diandalkan di berbagai sektor industri,” tutup Cornelis.
Melalui strategi berkelanjutan ini, GDPS meneguhkan posisinya sebagai perusahaan BPO nasional yang tidak hanya kompetitif di dalam negeri, tetapi juga siap bersaing di pasar global dengan membawa efisiensi, inovasi, dan nilai tambah bagi para pelanggan.

















