Pencipta Lagu Bento Tutup Usia, Iwan Fals Berduka

  • Whatsapp
Naniel Yakin wafat, musisi Indonesia berduka.
Naniel Yakin wafat, musisi Indonesia berduka. (Foto: Twitter/@iwanfals)

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Naniel Yakin, pencipta lagu fenomenal Bento, wafat pada usia 67 tahun. Iwan Fals musisi legendaris Indonesia menyampaikan kabar duka cita tersebut. Melalui sebuah cuitan di Twitter miliknya, pada Jumat (21/2), Iwan mengunggah foto Naniel sembari menuliskan ucapan duka.

“Selamat Jalan Naniel, Semoga mendapat tempat yang layak di sisi-Nya & keluarga ikhlas menerimanya, Innalilahi wa innailaihi rojiun,” cuit akunnya @iwanfals

Beberapa tahun sebelum wafat, Naniel mengidap penyakit komplikasi. Naniel juga terlebih dahulu ditinggal istri pada desember lalu.

Baca Juga: Siswa SMPN 1 Turi Hanyut Saat Susur Sungai

Sewaktu menjadi Musisi, Naniel sempat bergabung dalam grup band SWAMI yang terbentuk pada tahun 1989. Grup tersebut beranggotakan Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, Inisisri, Jockie Suryoprayogo, Toto Tewel, dan disponsori oleh pengusaha Setiawan Djodi.

Kelompok band ini sebenarnya anggota kelompok musik Sirkus Barock yang berdiri di Yogyakarta dalam era 70-an serta dimotori oleh Sawung Jabo yang terdiri Naniel, Nanoe, Inisisri dan Toto Tewel.

Pada masa jaya SWAMI, beberapa lagu hits sempat diciptakan diantaranya Bento dan Bongkar yang menjadi lagu pengkritik untuk pemerintahan orde baru.

Sedikit informasi, menurut Majalah Rolling Stones dalam judul 150 lagu Indonesia terbaik edisi #56 terbitan Desember 2009. Lagu “Bongkar” menduduki posisi #1 sedangkan “Bento” menempati peringkat #10 dalam tangga lagu susunan Majalah Rolling Stones.

Karena kedua lagu tersebut, album SWAMI sukses serta meledak di pasaran dengan angka penjualan yang fantastis pada zamannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *