Seniman Yoyon Sonjaya Berpulang

  • Whatsapp
Kang Yoyon (Baret Merah) dan Sastrawan Ajip Rosidi berfoto bersama usai kegiatan Ala Seniman.
Kang Yoyon (Baret Merah) dan Sastrawan Ajip Rosidi berfoto bersama usai kegiatan Ala Seniman. (Foto: Istimewa)

HeadLine.co.id, (Bandung) – Mochammad Yoyon Sonjaya, salah satu seniman dunia teater Indonesia meninggal dunia pada Kamis (13/02) sekitar pukul 15.20 WIB. Yoyon meninggal di kediamannya yang beralamat di Jl Terusan Sukamulya No 1 Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung.

Salah satu perawat Yoyon bernama Uwal menjelaskan bahwa Yoyon mengidap penyakit komplikasi paru-paru sejak tiga tahun terakhir. Kesehatannya semakin memburuk dalam dua bulan terakhir hingga membuatnya harus dipapah.

“Dulu sakit juga masih bisa berjalan, kalau kemarin-kemarin untuk berdiri harus dibantu,” ucap Uwal.

Ia menambahkan bahwa kondisi Yoyon semakin menurun pada Kamis sore sekitar pukul 14.30 WIB.

‚ÄúTadi jam setengah 3 sore, baru juga dua kali suap makan. Beliau menolak, setelah itu berangsur-angsur kondisinya menurun,” tambahnya.

Yoyon Sonjaya selama ini dikenal sebagai aktor yang berjasa membesarkan dunia seni teater di Indonesia. Adik mantan Menteri Dalam Negeri era Orde Baru, Yogie S. Memet tersebut bahkan tinggal melajang dan menjadikan teater sebagai pendampingnya karena kecintaannya pada seni teater.

Selain aktif dalam Studiklub Teater Bandung (STB), Yoyon juga dikenal sebagai jurnalis radio yang kritis. Ia membuat satire cerdas di udara untuk mengkritik kebijakan pemerintah era Orde Baru.

Almarhum rencananya akan dimakamkan pada Jumat (14/2/20) di Taman Pemakaman Umum (TPU) Sirna Raga. Berangkat dari rumah duka jam 09.00.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *