Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
TransportasiDaerah

PT KAI Daop 6 Tutup Permanen Perlintasan JPL 713 Pasca Kejadian Pemotor Tewas Tertemper Kereta

19024
×

PT KAI Daop 6 Tutup Permanen Perlintasan JPL 713 Pasca Kejadian Pemotor Tewas Tertemper Kereta

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi gambar perlintas sebidang
Ilustrasi gambar perlintas sebidang

Headline.co.id, Bantul, Yogyakarta ~ Tragedi memilukan terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu JPL 713 di Dusun Jurug, Argosari, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, pada Rabu malam, 17 Januari 2024. Seorang pengendara motor menjadi korban kecelakaan fatal dengan Kereta Bandara nomor 579A yang beroperasi dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) menuju Stasiun Yogyakarta Kota. Insiden ini mengakibatkan korban meninggal dunia di lokasi kejadian.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menyampaikan rasa prihatin atas kecelakaan tersebut. “Daop 6 sangat menyesalkan kejadian ini dan telah mengambil langkah-langkah evakuasi korban bekerja sama dengan tim Pengamanan Daop 6 dan Kepolisian setempat,” ujarnya.

Baca juga: Pengendara Motor Tewas Tertabrak Kereta Bandara YIA di Sedayu Bantul

Menyikapi kejadian ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mengumumkan penutupan permanen perlintasan JPL 713. Krisbiyantoro menambahkan, “Karena lebar JPL 713 kurang dari 2 meter, kami memutuskan untuk menutup perlintasan sebidang ini secara permanen.” Masyarakat diimbau untuk menggunakan jalur alternatif lainnya.

Daop 6 juga menekankan pentingnya kesadaran dan kewaspadaan masyarakat saat melintasi perlintasan sebidang. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 94 Tahun 2018, pengelolaan jalan yang berpotongan dengan jalur kereta api merupakan tanggung jawab bersama antara pihak pengelola jalan dan PT KAI.

Selain JPL 713, masih ada beberapa perlintasan tanpa penjaga lain di daerah tersebut, seperti JPL 706, JPL 707, dan JPL 708. Pihak Daop 6 berharap Pemerintah Daerah dapat mengambil tindakan terhadap perlintasan-perlintasan ini, seperti penutupan atau penjagaan.

Pilihan redaksi:

Untuk mencegah kecelakaan serupa, Daop 6 mengingatkan pengendara kendaraan untuk selalu mematuhi tata cara berlalu lintas di perlintasan sebidang, termasuk berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api mulai ditutup, serta memastikan kendaraan dapat melewati perlintasan dengan aman.

Tragedi ini menjadi pengingat penting bagi semua pihak tentang pentingnya keselamatan di perlintasan sebidang, dan tanggung jawab bersama dalam menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Terimakasih telah membaca PT KAI Daop 6 Tutup Permanen Perlintasan JPL 713 Pasca Kejadian Pemotor Tewas Tertemper Kereta semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Umumkan Jadwal Awal Ramadan dan Hari Raya Islam 1445 H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *