Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Hukum

Penipuan Paket Umrah di Magelang, 14 Korban Rugi Rp 297 Juta

2360
×

Penipuan Paket Umrah di Magelang, 14 Korban Rugi Rp 297 Juta

Sebarkan artikel ini
Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Biro Umroh
Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Biro Umroh

Headline.co.id, Magelang – Sebuah kasus penipuan berkedok biro perjalanan ibadah umrah terungkap di Magelang. DK, seorang pria 43 tahun asal Kecamatan Magelang Utara, menjadi tersangka dalam kasus ini setelah berhasil menipu 14 orang dengan total kerugian mencapai Rp 297 juta.

Kapolresta Magelang, Kombes Mustofa, dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada Rabu (3/1/2024), mengungkapkan bahwa modus yang digunakan oleh pelaku adalah menawarkan paket umrah dengan promosi ‘beli dua gratis satu’. DK mendatangi rumah-rumah calon korban sejak 25 Mei 2023, mengaku sebagai pemilik travel umrah Mutiara Mulia Wisata, dan menawarkan paket umrah yang tampak menarik.

Baca juga: Jadwal BUS SIM Keliling Bantul Januari 2024 Lengkap dengan Syarat Perpanjangan

Para korban yang tergoda dengan penawaran tersebut akhirnya membayar lunas biaya umrah. Sebagai bukti keseriusan, DK menyerahkan perlengkapan ibadah seperti koper, yang seolah-olah menunjukkan kesiapan pemberangkatan. Korban dijanjikan akan diberangkatkan pada tanggal 21 November 2023.

Namun, ketika tanggal keberangkatan tiba, DK tidak memenuhi janjinya dan terus memberikan alasan penundaan. Kejadian ini akhirnya mendorong korban untuk melaporkan ke Polresta Magelang. Salah satu korban diketahui mengalami kerugian hingga Rp 59,2 juta.

Menurut Kapolresta, DK dijerat dengan Pasal 378 atau 372 KUHP tentang penipuan dengan ancaman pidana maksimal 4 tahun penjara. Dalam konferensi pers, DK mengakui bahwa travel umrah yang ia kelola tidak terdaftar di Kantor Kementerian Agama. Ia pernah bekerja di biro travel resmi dan kemudian mendirikan biro travel palsu. DK mengaku menggunakan uang korban untuk keperluan pribadi, dan mengklaim mampu membuat paspor tetapi tidak bisa mengeluarkan visa karena bukan agen resmi.

Pilihan Redaksi:

Paket yang ditawarkan DK berkisar antara Rp 28 juta hingga Rp 30 juta untuk perjalanan sembilan hari yang berangkat dari Jakarta. Dari total 14 korban, empat di antaranya adalah warga Magelang dan sepuluh lainnya berasal dari luar Magelang.

Kasus ini menjadi peringatan keras bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih biro perjalanan umrah. Pemerintah dan lembaga terkait diharapkan dapat lebih meningkatkan pengawasan terhadap biro-biro perjalanan umrah untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Terimakasih telah membaca Penipuan Paket Umrah di Magelang, 14 Korban Rugi Rp 297 Juta semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Kecelakaan Mobil dan Bentor di Barat Tugu Jogja, Begini Kronologi Kejadiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *