Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaNasionalPemerintah

Buka Pertemuan ASEAN dengan AIPA, Jokowi Tekankan Penguatan Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen

5065
×

Buka Pertemuan ASEAN dengan AIPA, Jokowi Tekankan Penguatan Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo membuka Pertemuan Para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar-Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly di Komodo Ballroom

Buka Pertemuan ASEAN dengan AIPA, Jokowi Tekankan Penguatan Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen ~ Headline.co.id (Labuan Bajo).  Presiden Joko Widodo membuka Pertemuan Para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar-Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu, 10 Mei 2023. Pertemuan tersebut digelar dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023.

Baca juga: Presiden Jokowi dan PM Laos Bahas Peningkatan Kerja Sama Pemberantasan Perdagangan Manusia

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya penguatan kolaborasi antara pemerintah dengan parlemen negara ASEAN. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat menjaga dan memperkuat stabilitas politik dan demokrasi di kawasan.

“Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,” ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Menlu Ungkap Presiden Jokowi Presiden Jokowi akan Pimpin Sejumlah Pertemuan pada KTT Ke-42 ASEAN

Lebih lanjut, Presiden Jokowi ingin memastikan agar ASEAN mampu lebih tanggap dan tangguh menghadapi tantangan. Harapannya, ASEAN dapat menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN sehingga kebijakan saat masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis.

Baca juga: Anak Kos Wajib Tau, Ini 6 Makanan Yang Awet Di Simpan Tanpa Kulkas

“Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud M.d, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Hadir juga Ketua DPR RI Puan Maharani yang menjabat sebagai Presiden AIPA tahun 2023.

Terimakasih telah membaca Buka Pertemuan ASEAN dengan AIPA, Jokowi Tekankan Penguatan Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Apa Pengertian Dari Sejarah? Ini Menurut Pendapat Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *