Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahReligi

Gus Yasin Ajak Santri Muda Kreatif Menulis untuk Syiar Agama

2645
×

Gus Yasin Ajak Santri Muda Kreatif Menulis untuk Syiar Agama

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menghadiri acara Gerakan Santri Menulis di Universitas Semarang
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menghadiri acara Gerakan Santri Menulis di Universitas Semarang

Gus Yasin Ajak Santri Muda Kreatif Menulis untuk Syiar Agama ~ Headline.co.id (Semarang). Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengajak para santri lebih kreatif memproduksi tulisan. Sebab, melalui tulisan yang menarik, bisa menjadi salah satu cara agar syiar Islam lebih luas tersebar dan bisa mudah dipahami.

Baca juga: Heboh! Ada Artis Terkenal Inisial R Disebut Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun, Siapa Dia?

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Gerakan Santri Menulis di Universitas Semarang, Jumat (31/3/2023). Wagub menuturkan, budaya menulis di lingkungan pesantren, sangat bagus. Namun, lanjutnya, kurang bisa diterima masyarakat, karena lebih banyak menggunakan bahasa arab dan istilah-istilah pesantren yang tidak familiar.
“Saya yakin bahwa ilmu atau literasi Islam kan selaras dengan zaman. Akan tetapi, memang perlu dimodifikasi. Modifikasi itu artinya penyajiannya, bukan hukumnya. Bagaimana bisa dianggap renyah, bisa dianggap enak, mudah dipahami oleh masyarakat,” jelasnya Gus Yasin, sapaannya.
Wagub menyambut positif Gerakan Santri Menulis. Beberapa pondok pesantren yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut adalah Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Al Madinah, dan Al Itqon.
Menurut Gus Yasin, terdapat dua manfaat yang bisa diambil dari kegiatan santri menulis. Bagi diri sendiri, santri yang terbiasa menulis, pasti ilmu pengetahuannya akan berkembang.
“Yang kedua, ketika belajar menulis, dia pasti akan memiliki kepandaian, kepiawaian dalam hal menulis. Dan ini, banyak ulama, banyak tokoh yang hanya bisa menyampaikan (karena) tidak memiliki waktu untuk menulis,” ungkapnya.
Lebih jauh Gus Yasin meminta, agar para santri yang sudah mahir nantinya kreatif menulis, dalam merespon persoalan-persoalan umat, dengan gaya tulisan yang menyesuaikan zaman. Agar hasil pemikiran santri muda dari Jateng, dapat lebih mudah dicerna dan dipahami masyarakat.
Terimakasih telah membaca Gus Yasin Ajak Santri Muda Kreatif Menulis untuk Syiar Agama semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *