Pasca Erupsi Semeru, Gubernur Jatim Koordinasikan Para Bupati Sekitar Untuk Optimalkan Penanganan Kegawatdaruratan

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah Meninjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah Meninjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Pasca Erupsi Semeru, Gubernur Jatim Koordinasikan Para Bupati Sekitar Untuk Optimalkan Penanganan Kegawatdaruratan ~ Headline.co.id (Lumajang). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah mengkoordinasikan para bupati terdekat untuk segera melakukan penanganan kegawatdaruratan pasca terjadi erupsi Gunung Semeru. Utamanya di daerah Pronojiwo yang aksesnya terputus akibat ambruknya Gladak Perak.

Baca juga: Bersama Danlanud Bupati Lumajang Pantau Kondisi Lokasi Terdampak Melalui Udara

Read More

“Bupati Malang sudah kirim tim, kami sudah mengkomunikasikan antara Pak Bupati Lumajang, Pak Bupati Malang, Jember ini juga sudah kirim TRC, bagaimana action plan kegawatdaruratan sebaik mungkin,” ujar gubernur saat meninjau lokasi di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh Candipuro, Minggu (05/12/2021).

Dusun Kampung Renteng menjadi lokasi terparah dampak erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (04/12/2021) kemarin. Terpantau sejumlah rumah milik warga dan kendaraan angkutan pasir tertimbun material vulkanis Gunung Semeru.

Baca juga: BNPB Akan Berikan Dana Tunggu Kepada Warga dengan Rumah Terdampak Erupsi Semeru

Gubernur juga menjelaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, pasokan logistik telah didistribusikan ke posko-posko pengungsian.

“Kalau awal kita bawa kids wear, family kit, berbagai kelengkapan kesehatan, pasti sembako, beberapa item di BPBD diidentifikasi standby baik itu di BPBD kabupaten, provinsi maupun BNPB, tadi malam sudah terkirim,” ungkapnya.

Baca juga: Update Terbaru! 13 Warga Meninggal Dunia Akibat Erupsi Gunung Semeru

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan bahwa fokus penanganan pasca erupsi saat ini adalah proses evakuasi. Ia berterima kasih tim relawan dan BPBD dari kabupaten sekitar turut membantu proses penanganan kegawatdaruratan di Lumajang.

“Terima kasih Ibu Gubernur sudah mengkoordinasikan antar kabupaten/kota terdekat sudah meluncur, tentu ini akan memaksimalkan proses penanganan kegawatdaruratan di sini,” ujarnya.

Baca juga: Pelaku Begal Payudara di Klaten Terancam Penjara 9 Tahun

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *