Sempat Mangkrak Kekurangan Dana, Kini Jalan Lingkar Sepanjang 11 KM di Lahat Resmi Beroperasi

  • Whatsapp
Gunernur Sumsel Herman Deru saat meninjau pembangunan infrastruktur jalan di Kab Lahat
Gunernur Sumsel Herman Deru saat meninjau pembangunan infrastruktur jalan di Kab Lahat. (Antara)

Headline.co.id (Sumatera Selatan) ~ Sepanjang 11 kilomater jalan lingkar di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan resmi beroperasi setelah sempat mangkrak pengerjaannya karena kekurangan dana.

baca juga: Kemenkes Buka Lowongan Kesehatan Periode 1 Tahun 2021, Ini Formasi dan Syaratnya?

Bupati Lahat, Cik Ujang, pada Minggu (14/3), menyampaikan bahwa pembangunan jalan lingkar tersebut dapat berlanjut karena kabupatennya mendapatkan alokasi dana bantuan gubernur (bangub) yang bersumber dari APBD provinsi dalam dua tahun terakhir.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya bersyukur mendapatkan perhatian dari pemerintah provinsi karena jika mengandalkan anggaran dari APBD Kabupaten Lahat, maka tidak akan mencukupi.

baca juga: Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp 10 Juta, ini Syarat dan Cara Mendapatkankannya?

Dengan adanya pembangunan jalan tersebut, setidaknya 10 kecamatan di Kabupaten Lahat menikmati jalan berbeton itu.

Sementara, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumsel Herwan mengatakan bangub yang disalurkan ke Kabupaten Lahat senilai Rp48,36 miliar pada 2021 dan pada 2020 senilai Rp158,25 miliar.

Adapun pemanfaatan anggaran tersebut untuk mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Lahat dalam upaya pengentasan kemiskinan, peningkatan pelayanan masyarakat, dan mendukung pembangunan daerah, serta meningkatkan pengelolaan potensi daerah.

baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Pembangunan infrastruktur jalan di antaranya dilakukan di perbatasan Kabupaten Muaraenim-SP Air Dingin, peningkatan Jalan Muara Siban-SP Embacang, pembangunan tiga jembatan penghubung, yaitu Jembatan Pangi I tahap 2, Jembatan Air Mulak Kabupaten Lahat, dan Jembatan Air Lematang.

Ada juga pembangunan tahap I rumah sakit pratama dan juga internet desa, serta pembangunan fisik dan nonfisik lainnya.

Setidaknya, sebanyak 58 item proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lahat dikerjakan menggunakan dana bangub tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *