Bank Saqu Sulap Lagu “Menabung” Jadi Tren Menabung Masa Kini
Jakarta, Headline.co.id – Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta, meluncurkan kampanye kreatif untuk membangkitkan semangat menabung. Yakni dengan membuat ulang (remake) lagu “Menabung” ciptaan Titiek Puspa.
Lagu yang diaransemen ulang ini dibawakan oleh penyanyi aslinya, Geofanny dan Saskia, serta berkolaborasi dengan penyanyi solo Jaz Hayat. Head of Go To Market PT Bank Jasa Jakarta, Marcella Pravinata, mengungkapkan alasan pihaknya melakukan remake lagu tersebut.
“Kami yakin menabung adalah kunci stabilitas dan keamanan keuangan jangka panjang. Melalui remake lagu ‘Menabung’ ini, kami ingin mempopulerkan kembali semangat menabung yang dulu sangat kuat di kalangan anak-anak generasi 90-an,” ujar Marcella di Jakarta, Senin.
Marcella menambahkan, lagu “Menabung” bukan hanya sekadar pengingat nostalgia, tetapi juga cara menanamkan kebiasaan menabung sedini mungkin. Bank Saqu ingin membuat menabung menjadi kegiatan yang menyenangkan agar generasi sekarang dapat menikmati manfaatnya di masa depan.
Bank Saqu menyadari adanya penurunan rasio tabungan masyarakat. Data Bank Indonesia menunjukkan, rasio tabungan terhadap pendapatan turun dari 15,7 persen pada Oktober 2023 menjadi 15,4 persen pada November 2023.
Melalui kampanye ini, Bank Saqu ingin menumbuhkan kembali kebiasaan menabung yang menyenangkan. Selain itu, menginspirasi masyarakat untuk rutin menabung, memahami manfaatnya untuk masa depan, dan meningkatkan persentase masyarakat Indonesia yang menabung.
Bank Saqu pun memiliki fitur “Tabungmatic” yang mendukung nasabahnya dalam mengelola keuangan. Fitur ini memungkinkan setiap transaksi belanja menggunakan QRIS di aplikasi Bank Saqu otomatis berubah menjadi tabungan di “Saku Booster”. Nasabah juga mendapatkan insentif berupa bunga 10 persen per tahun dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Data Bank Saqu menunjukkan, adopsi “Tabungmatic” telah mencapai 7,2 persen dari total nasabah. Keberadaannya telah berkontribusi 60-80 persen dari transaksi “Saku Booster”.
Selain itu, nasabah yang mengadopsi “Tabungmatic” mengalami pertumbuhan saldo CASA (current account savings account) sebesar 4,2 kali lipat, dibandingkan dengan pertumbuhan 3,3 kali lipat untuk mereka yang tidak mengadopsi fitur tersebut sejak Januari 2024.
Hal ini membuktikan bahwa “Tabungmatic” menjadi pendorong utama dalam mendorong nasabah melakukan transaksi aktif sambil menabung secara otomatis. Mayoritas nasabah yang mengaktifkan “Tabungmatic” adalah generasi Z.
sumber: https://www.antaranews.com/berita/4271927/bank-saqu-hidupkan-semangat-menabung-lewat-ramake-lagu-titiek-puspa.




















